Pelaku BW dan Sepeda motor yang diamankan polisi / Foto : Dokpol / Tulungagung TIMES
Pelaku BW dan Sepeda motor yang diamankan polisi / Foto : Dokpol / Tulungagung TIMES

Sepandai-pandainya tupai melompat, sekali pasti jatuh ke tanah. Istilah itu juga berlaku bagi seorang maling di Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung ini. 

Mengira aksinya telah sempurna dan tak terbaca, ternyata polisi lebih teliti. Sehingga, BW (38) warga Jalan Pahlawan 460 RT 02, RW 01 Kelurahan Gendingan, Kecamatan Kedungwaru ini akhirnya diamankan.

Baca Juga : Apesnya Manager Outlet Ayam Geprek di Malang Ini, Sibuk Kerja, Motor Hilang

"Unit Reskrim Polsek Kedungwaru bersama-sama dengan Unit Opsnal Sat Reskrim Polres Tulungagung telah berhasil mengamankan pelaku pencurian barang berupa 1 buah handphone merk Vivo tipe Y30 warna hitam, di rumah tempat tinggalnya di Dsa Gendingan," kata Kapolsek Kedungwaru, AKP Siswanto, Minggu (22/11/2020).

Lanjutnya, awal mula kejadian diketahui pada Sabtu (21/11/2020) jam 11.00 WIB. Saat itu korban yang bernama Minah, pemilik usaha toko pracangan sembako, sedang berada di belakang mencuci pakaian.

"Korban mendengar ada sepeda motor yang berhenti di depan toko sehingga ia bergegas menuju ke depan untuk melihat siapa yang datang," ujarnya.

Ketika sampai di depan, Minah hanya melihat seorang pengendara sepeda motor dari toko melaju ke arah timur. Saat itu Minah langsung mengecek handphone miliknya yang di-cash di atas meja toko telah raib.

Tak cukup itu, ketika dicek, barang dagangan berupa 4 slop rokok merek Dua Dewi di etalase toko juga hilang. Karena kehilangan, Minah langsung lapor ke Polsek Kedungwaru.

"Kita lakukan penyelidikan, kita mintai keterangan saksi dan langkah lain untuk mencari dan memastikan pelaku," terang Siswanto.

Keterangan yang didapat dari saksi Chandra, ternyata sore hari setelah kejadian atau tepatnya pukul 18.00 WIB, BW menawarkan handphone Merk Vivo Y30 warna hitam di konter HP miliknya.

"Ketika saksi mengecek nomor IMEI Hand Phone yang dijual pelaku, saksi curiga karena Nomor Imei HP tersebut adalah nomor HP milik orang tua dari pacarnya (Chandra)," ungkapnya.

Baca Juga : Maling Tak Pandang Bulu, Besi Tanjakan Motor juga Disikat

Rupanya BW mulai curiga, tiba-tiba ia langsung membatalkan niatnya menjual HP dan meminta untuk dikembalikan.

"Pelaku kabur, tetapi saksi telah mencatat nomor polisi sepeda motor yang dipakai," jelasnya.

Atas informasi itu, BW berhasil diamankan di rumah tempat tinggalnya beserta barang bukti handphone milik Minah yang sudah di-reset ulang.

"Semua file milik korban di handphone semua telah terhapus," imbuhnya.

Dari tangan BW, polisi berhasil mengamankan hp hasil curian yakni Vivo Y30, sepeda motor Yamaha Mio AG 2235 RBX yang digunakan beraksi.

Meski modus mengambil rokok di toko beberapa kali terjadi di berbagai tempat di Tulungagung, sejauh ini menurut Siswanto dari hasil penyelidikan terhadap BW belum mengarah ke TKP lain.