Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemkab Kediri Raih Dua Penghargaan dari Provinsi Jatim

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Yunan Helmy

15 - Nov - 2020, 17:48

Placeholder
Bupati Kediri Hj Haryanti Sutrisno menerima penghargaan dari gubernur Jatim. (ist)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri berhasil meraih dua penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam Kompetisi Kelompok Budaya Kerja (KBK) dan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) 2020. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno pada acara yang digelar di The Singhasari Resort, Kota Batu.

Penghargaan pertama yang diserahkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur adalah untuk "KBK AKSI" Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kediri sebagai peringkat terbaik II Kategori Pelayanan Administrasi. Sedangkan penghargaan lainnya adalah inovasi Agen Hayati Pengendalian Ulat Grayak Tentara (Spodoptera Frugiperda) dari Dinas Pertanian dan Perkebunan yang masuk dalam Top 45 Kovablik Provinsi Jawa Timur 2020.

Baca Juga : 250 Penyandang Disabilitas Dapatkan Pelayanan Terapi dari Dinsos-P3AP2KB

Bupati Haryanti Sutrisno berharap penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri untuk terus berinovasi dalam meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Prestasi ini juga menjadi kebanggaan karena tidak seluruh kabupaten atau kota memperolehnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan budaya kerja ASN diharapkan akan berorientasi pada produktivitas kerja dan kinerja yang tinggi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Tahun ini Kelompok Budaya Kerja yang aktif dan berprestasi mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Pada 2019 ada 120 KBK dan tahun ini meningkat menjadi 190 KBK yang aktif dan berprestasi,” kata dia.

Khofifah mengatakan, tujuan kompetisi ini untuk menjaring inovasi pelayanan publik, baik dari perangkat daerah provinsi maupun dari kabupaten/kota. "Inovasi pelayanan publik terpilih akan menjadi sumber transfer pengetahuan/replikasi inovasi pelayanan publik sehingga bermanfaat untuk mempercepat pencapaian program pemerintah one agency one innovation,” tambah Gubernur Khofifah.

Sebagai informasi, KBK AKSI adalah inovasi baru dalam peningkatan kualitas penyimpanan arsip untuk mempersingkat waktu pencarian hingga 75%. Jika semula waktu pencarian arsip rata-rata selama 30 menit, dengan inovasi ini hanya 5 menit.

Karena kearsiapan memegang peranan penting dalam memberikan informasi, maka kualitas penyimpanan bisa dikatakan baik ketika suatu arsip saat dibutuhkan dapat dicari dengan cepat dan tepat waktu.

Baca Juga : Diskopindag Minta Pelaku IKM yang Dapat Pelatihan Tak Pelit Berbagi Ilmu dengan Pengusaha Lain

Dari segi keamanan, aplikasi save arsip menjadi jauh lebih terjaga karena arsip disimpan satu pintu yaitu di sekretariat. Karena aplikasi ini berbasis website, maka jaringan yang stabil sangat diperlukan untuk pengelolaan arsip.

 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Yunan Helmy