Arus lalulintas di kawasan Dinoyo menuju Batu, nampak ramai lancar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Arus lalulintas di kawasan Dinoyo menuju Batu, nampak ramai lancar (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

Libur panjang  maulid nabi dan cuti bersama, di mulai hari ini, Rabu 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020. Namun pada hari pertama libur panjang ini, kemacetan masih belum nampak terjadi di Kota Malang.

Berdasarkan pantauan di sejumlah ruas jalan tampak arus lalu lintas ramai lancar. Bahkan sejumlah ruas jalan terlihat lenggang.

Baca Juga : Bayar Tilang di Tulungagung Bisa Pakai Lodho

Seperti halnya arus lalu lintas di kawasan Dinoyo menuju Kota Batu, kawasan Jalan Soekarno Hatta, kawasan Jalan Ahmad Yani, kawasan Jalan Letjen S Parman, Jalan Tumenggung Suryo, Jalan Sunandar Priyo Sudarmo, serta kawasan Arjosari, terlihat ramai lancar.

Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution membenarkan hal tersebut. Mulai pagi hingga siang hari pada hari pertama liburan, masih terpantau arus lalu lintas yang lancar. Belum didapati adanya kepadatan lalu lintas.

Volume peningkatan kendaran juga masih belum signifikan. Peningkatan diperkirakan terjadi mulai siang hingga sore nanti. Diprediksi pada waktu tersebut, mulai banyak masyarakat yang berpergian untuk berlibur ataupun menuju ke lokasi-lokasi kawasan Kota Malang.

"Diprediksi nanti siang, baru akan terlihat peningkatan volume kendaraannya. Apalagi melihat masa liburan yang dulu-dulu juga terjadi peningkatan," terangnya.

Untuk antisipasi kepadatan kendaraan di ruas-ruas jalan, pihaknya menerjunkan sejumlah 142 personel. Personel tersebut kemudian akan disebar secara bergantian ke titik-titik kepadatan.

"Jika memang nantinya volume kendaraan begitu padat, kita akan mengabaikan traffic light. Kita akan lakukan diskresi kepolisian tentunya agar kegiatan masyarakat lebih lancar dan lebih cepat sampai ke tujuan," tambahnya.

Baca Juga : Tiga Bus di Terminal Arjosari Di-grounded Polisi dan Dishub, Mengapa?

Namun bilamana situasi lalu lintas berjalan lancar dan tidak terjadi kepadatan, maka tentu fungsi traffic light tetap harus dipatuhi. Meskipun begitu, pihaknya tetap mengharapkan agar masyarakat berliburan di rumah mengingat saat ini masih dalam masa pandemi.

Di sisi lain, pihaknya mengimbau agar masyarakat yang memang berpergian keluar rumah untuk berlibur, diharapkan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar masyarakat taat dalam berlalu lintas dan melengkapi kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Bersamaan dengan liburan ini kami juga masih tetap melakukan Operasi Zebra Semeru. Makanya masyarakat kami imbau untuk tetap patuh dan tertib berlalu lintas," pungkasnya.