Stevanus alias Panda saat meracik kopi bir di Kedai Kopi Adeeva.(eko arif s/Jatimtimes)
Stevanus alias Panda saat meracik kopi bir di Kedai Kopi Adeeva.(eko arif s/Jatimtimes)

Bir merupakan minuman dengan sensasi unik yang dikenal nikmat. Meski begitu, tidak semua orang bisa meminumnya karena berbagai alasan. 

Sensasi unik seperti pahit dan mengigit lidah saat menikmati bir ternyata bisa dinikmati dari minuman lain. Misalnya kopi bir buatan Stevanus, seorang barista di Kediri. Bahan yang dibuat untuk membuat bir terbuat dari biji kopi.

Baca Juga : 5 Jenis Sambel Ini Akrab dengan Lidah Orang Tulungagung, Kamu Suka yang Mana?

Barista 36 tahun yang juga pemilik Kedai Kopi Adeeva  di Perumahan Permata hijau, Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, ni mengaku ide untuk menciptakan kopi bir berawal dari coba-coba. "Awalnya saya iseng-iseng mencari menu baru yang sekiranya di kedai lain tidak ada dan akhirnya ketemu-lah resep kopi bir ini," kata Stevanus.

Respons pembeli sendiri, menurut pria yang akrab disapa Panda itu, cukup bagus. Pembeli bilang cita rasanya benar-benar seperti minuman bir tapi tanpa alkohol. "Melihat respons pembeli cukup bagus, akhirnya saya pasang di daftar menu," kata dia.

Cara pembuatan kopi bir ini terbilang cukup mudah, namun rasanya bikin ketagihan. Cukup dengan mencampurkan Espresso,flavour min, gula, dan soda. "Persentasenya 10 persen gula, 30 persen kopi, dan sisanya soda. Ditambah es batu hingga rasanya segar," kata bapak dua anak ini.

Stevanus mengaku, kopi yang digunakan untuk membuat kopi bir tidak difermentasi dulu  seperti kopi bir lainnya. "Kopinya tidak saya fermentasi dulu seperti kopi bir produk kedai lain," imbuhnya.

Stevanus membuka usaha kedai kopi sejak awal pandemi, yakni sekitar Maret lalu. Ia menemukan resep kopi bir tersebut sejak satu bulan lalu.

Pencinta kopi sendiri sangat senang karena cita rasanya seperti minum bir tapi tanpa alkohol.

Baca Juga : Shokudo Restaurant Kontena Hotel Suguhkan Sushi Unik, Ada Rasa Ayam Geprek dan Rawon

Selain kopi bir, Kedai Kopi Adeeva juga menyediakan berbagai  menu lain seperti nasi goreng dan burger. Harga menunya  sangat terjangkau, mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 20 ribu.Sedangkan harga kopi bir cukup merogoh kocek Rp 16 ribu.

Dalam satu bulan,  hampir 60 persen pecinta kopi di Kedai Adeeva beralih ke kopi bir karena rasanya yang segar. "Omzet per bulan di masa pandemi saat ini cukup lumayan, bisa mencapai Rp 18 juta," kata pria 36 tahun ini.

Kopi rasa bir memang menjadi istilah untuk kopi dengan rasa mirip bir. Rasa birnya bisa dideskripsikan sebagai sensasi gabungan dari aroma, rasa, dan cita rasa di mulut ketika minum bir.