Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Peringati Hari Santri Nasional, Wakil Ketua Fraksi PKS Rokhmad: Ajang Refleksi Perjuangan Santri

Penulis : Arifina Cahyati Firdausi - Editor : A Yahya

22 - Oct - 2020, 20:17

Placeholder
Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Rokhmad. (Foto: Istimewa).

Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada hari ini (Kamis, 22/10/2020) menjadi momen penting bagi banyak pihak untuk refleksi diri. Wakil Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Malang, Rokhmad misalnya. Pada momen peringatan kali ini memaknai hari santri sebagai ajang refleksi diri untuk kembali mengingat perjuangan santri. 

Salah satunya mengajak umat Islam untuk mengingat sosok K H Hasyim Asyari yang berperang atau berjihad dalam melawan penjajah. "Hari Santri adalah hari untuk merefleksikan kembali tentang perjuangan santri. Jika mengingat kembali seruan K.H Hasyim Asyari kepada umat Islam untuk berperang melawan penjajah, maka dapat diambil kesimpulan bahwa sedari dulu memang santri memiliki watak dan karakter antipenjajah dan antipenjajahan," ungkapnya.

Baca Juga : Geruduk Kelurahan Arjowinangun, Warga Tuntut Ketua Hippam Turun dari Jabatan

Meski momen perayaan kali ini dilangsungkan berbeda, lantaran di masa pandemi Covid-19 namun, harapan besar tercetus untuk para santri untuk tetap bersemangat dan berkarya bagi bangsa dengan spirit kemandirian.

"Spirit kemandirian itulah yang perlu dijaga, agar bangsa Indonesia bisa menjadi tuan di Negerinya sendiri. Menjaga agar segala peraturan di negeri ini memang benar-benar berpihak pada rakyat, adalah salah satu contoh wujud menjaga spirit tersebut," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang ini.

Hal lain yang menjadikan perhatian di momen peringatan kali ini, yakni sosok guru besar KH Syukri Zarkasyi yang baru saja berpulang sore kemarin (Rabu, 21/10/2020). Ia menilai, sosok kiai tersebut sejatinya menjadi panutan bagi para santri. "Perjuangan beliau (KH Syukri Zarkasyi) mendidik anak negeri, harus kita lanjutkan bersama melalui wadah-wadah yang kita miliki. Selamat Hari Santri, Santri Sehat, Indonesia Kuat," tandasnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arifina Cahyati Firdausi

Editor

A Yahya