Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Cegah Pelajar Ikut Demo, Jam Belajar Daring di Kota Batu Dimundurkan

Penulis : Irsya Richa - Editor : Yunan Helmy

16 - Oct - 2020, 17:24

Placeholder
Para pelajar SMKN 1 Kota Batu saat mengikuti ujian nasional sebelul pandemi di sekolahnya. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pemkot Batu sangat mewanti-wanti kepada wali murid supaya pelajar, khususnya di tingkat SMA/SMK, tidak ikut dalam demo yang sering terjadi belakangan ini lantaran diundangkannya Undang-Undang Cipta Kerja. Karena itu, Pemkot Batu telah menyosialisasikan kepada wali murid dan pelajar di Kota Batu supaya tidak terpengaruh ajakan demo.

“Melalui Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), kami telah menyosialisasikan ke siswa-siswa. Di tengah pandemi ini, anak-anak berlajar di rumah saja. Supaya tidak terpengaruh,” kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Batu Suliyanah.

Baca Juga : Mendikbud Nadiem Gembleng Ribuan Calon Guru Penggerak selama 9 Bulan sebelum Ditugaskan

Ia menambahkan, orang tua yang punya anak sekolah SMA/SMK diharapkan memantau anaknya agar tidak ikut demo.  "Tolong jangan ikut demo,” imbaunya.

Terpisah, Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Batu Joko Santoso menambahkan, supaya pelajar tidak terpengaruh ajakan demo, pola pembelajaran daring sedikit diubah. Caranya dengan memundurkan jam daring.

Jika biasanya daring dilakukan pagi pukul 08.00, namun kini dimulai pada pukul 09.00. “Mengantisipasi pembelajaran yang biasanya dari pagi, kini agak siang. Menghindari hal ini (ikut demo),” ucapnya.

Selain mengubah jam daring, para pelajar juga diberi tugas yang agak mengikat. “Setelah daring selesai, kami juga memberikan tugas tambahan,” ucap Joko, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga : Capaian Kuliah Tatap Muka Lebih Optimal dibanding Daring, Ini Kata Dosen UNIM Mojokerto

Beberapa cara untuk mengantisipasi para pelajar terpengaruh  mengikuti demo itu dirasa sudah efektif. Apalagi. sejauh ini tidak ada pelajar Kota Batu yang mengikuti demo terkait ditolaknya Undang-Undang Cipta Kerja.

 


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Yunan Helmy