Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Angin Kencang Awali Bencana pada Bulan Oktober di Kota Batu

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Oct - 2020, 09:30

Placeholder
Dahan pohon trembesi patah yang terjadi Jalan Pattimura, Desa Beji, Kecamatan Junrejo, Jumat (9/10/2020). (Foto: istimewa)

Kejadian angin kencang mengakibatkan dahan pohon yang cukup besar mengawali bencana pada bulan Oktober ini, Jumat (9/10/2020). Bencana itu terjadi di Jalan Pattimura, Desa Beji, Kecamatan Junrejo.

Angin kencang yang terjadi pada dini hari itu mengakibatkan dahan pohon jenis trembesi patah. Mengakibatkan patahan dahan pohon yang cukup besar menutup sebagian ruas jalan di sana.

Baca Juga : Ketakutan, Peserta Pameran UMKM Batik Sembunyi Saat Situasi Gedung DPRD Kota Malang Ricuh

“Dahan pohon yang patah itu berdiameter 25 centimeter dan panjang 8 meter jenisnya trembesi. Dahan itu patah dan menutup sebagian badan jalan,” ungkap Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Akibat dari bencana itu, sempat mengganggu lalu lintas yang ada di sana. ”Lantaran pohon yang patah dan tergantung menutup setengah badan jalan. Jadi sempat mengganggu lalu lintas,” imbuhnya.

Mengetahui adanya bencana tersebut, beberapa personel yang terdiri dari BPBD Kota Batu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batu, dan warga sekitar bersama melakukan pemotongan dahan pohon yang menutup setengah badan jalan. Dan melakukan pembersihan jalan yang tertutupi oleh dahan pohon yang patah.

Karena itu, Agung mengiimbau kepada warga khususnya di Kota Batu agar tetap waspada mengingat angin kencang masih bisa terjadi sewaktu-waktu. 

Baca Juga : SPSI Kota Batu Minta Dewan Tanda Tangan Draft Penolakan UU Cipa Lapangan Kerja

Sedang selama bulan September lalu terdapat 7 bencana yang terjadi di Kota Batu. Dari 7 bencana yang mendominasi adalah pohon tumbang yang diakibatkan dari angin kencang. 

Sisanya merupakan bencana tanah longsor, kebakaran rumah dan lahan yang terjadi di tiga kecamatan Kota Batu. 


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni