Macademia, salah satu tanaman berkhasiat untuk kesehatan ini bisa didapatkan di pameran virtual tanaman hias pertama dan terbesar di Malang Raya (Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)
Macademia, salah satu tanaman berkhasiat untuk kesehatan ini bisa didapatkan di pameran virtual tanaman hias pertama dan terbesar di Malang Raya (Pipit Anggraeni/ MalangTIMES)

Bukan hanya sederet tanaman hias yang tengah naik daun saja, pameran dan lelang virtual tanaman hias pertama dan terbesar di Malang Raya juga menyuguhkan sederet tanaman berkhasiat untuk kesehatan. 

Salah satunya adalah Macademia, tanaman kacang asal Hawai yang sangat berkhasiat untuk diet ini bisa ditemukan di sana.

Baca Juga : Di Kebun Subur Ini,Rasulullah Pernah Menikmati Manisnya Anggur

Tanaman Macademia sendiri dapat ditemui di stand milik Intitut Pertanian Malang (IPM). Tanaman yang sudah dibudidayakan oleh kampus pertanian tersebut dibandrol Rp 150 ribu saja. Para pecinta tanaman bisa langsung memburunya langsung di Hall Utama Cyber Mall maupun mengikuti lelang virtual di channel YouTube JatimTIMES atau platform media sosial milik Nusa Daily.

Tanaman Macademia ini sendiri menurut Dosen IPM, Diena Widyastuti belum begitu banyak diburu oleh pasar lokal. Namun meski begitu, budidaya tanaman kacang-kacangan ini sendiri sudah berangsur banyak digemari oleh para pecinta tanaman.

"Yang dikonsumsi adalah buahnya, dan itu semacam kacang-kacangan," katanya.

Perempuan berhijab itu menyampaikan, Macademia memiliki kandungan luar biasa untuk kesehatan. Salah satunya adalah antioksidan dan kalori yang sangat tinggi. Sehingga sangat baik dikonsumsi untuk diet juga mencegah kanker.

Cara mengkonsumsi Macademia sendiri menurutnya biasanya dilarutkan dengan salad ataupun olahan lainnya. Selain itu juga bisa dimakan secara langsung dengan takaran yang tepat dan tidak berlebihan. Karena jika dimakan dalam jumlah banyak juga tidak dianjurkan. Karena kalorinya yang sangat tinggi tersebut.

"Konsumsi Macadamia akan lebih baik jika diimbangi dengan sayuran," tambah Diena.

Baca Juga : Tembus Singapura, Janda Bolong Puluhan Juta Siap Dipamerkan di Pameran Virtual Terbesar Ini

Perawatan Macademia sendiri menurutnya tidak susah dan tak jauh berbeda dengan tanaman pada umumnya. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan untuk sampai berbuah memang cukup lama, tujuh hingga 10 tahun.

"Perawatan standart, tapi harganya memang cukup mahal. Terutama bibitnya, karena memang proses pembibitannya juga tidak mudah," terangnya.

Selain Macademia, sederet tanaman hias yang tengah naik daun juga dipamerkan dan dijual dalam agenda pameran dan lelang virtual tanaman hias pertama dan terbesar di Malang Raya tersebut. Mulai dari aglonaema, berbagai jenis anggrek, hingga kaktus bisa ditemui di sana.

Pameran dan lelang virtual pertama dan terbesar di Malang Raya itu didukung penuh oleh MalangTIMES, Nusa Daily, Telaga Ab Saodah Property, Bangun Indah Graha, Cozy, dan SGL. Untuk yang ingin mengetahui lebih detail perkembangan lelang bunga, bisa memantau MalangTIMES dan Nusa Daily.