Deteksi dini covid-19, 1038 anggota Polresta Kediri ikuti rapid tes masal. (Foto: Bams Setioko/JatimTIMES)
Deteksi dini covid-19, 1038 anggota Polresta Kediri ikuti rapid tes masal. (Foto: Bams Setioko/JatimTIMES)

Sebanyak 1.038 anggota Polresta Kediri yang terdiri dari anggota Polri, ASN, dan PHL, melaksanakan rapid test. Tujuannya sebagai deteksi dini pencegahan covid -19 di lingkungan Polresta Kediri dan polsek jajaran.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Selasa dan Rabu (29-30 September 2020), di Rupatama Mapolresta Kediri dengan protokol kesehatan yang ketat. Satu per satu anggota menjalani rapid test yang dilaksanakan Tim Urkes Polresta Kediri bekerja sama dengan Rumah Sakit Bhayangkara Kediri.

Baca Juga : Baksos Polres Tulungagung ke Pasien Covid-19, Berikan Sembako dan Obat

Petugas medis dari Urkes Polresta Kediri dan tenaga medis RS Bhayangkara mengawali pemeriksaan dengan mendata identitas dan riwayat petugas. Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan dan pengambilan sampel darah.

Kapolres AKBP Miko Indrayana menjelaskan bahwa tujuan rapid test yang diikuti 1.038 personel tersebut merupakan upaya untuk mendeteksi kondisi kesehatan anggota Polri, ASN, dan PHL sekaligus untuk mencegah penularan covid-19 di antara sesama anggota maupun saat berinteraksi dengan masyarakat.

Pihak Polri, khusunya Polresta Kediri, terus berkomitmen mencegah penyebaran virus covid-19. Salah satunya dengan melakukan skrining berupa rapid test. Kegiatan rapid test tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan seluruh personel dan keluarga selama masa pandemi covid-19 ini. “Harapannya, melalui rapid test ini, kami dapat memutus mata rantai penyebaran virus covid-19," ujar kapolresta.

Kegiatan ini dilakukan mengingat petugas Kepolisian bertugas di lapangan dalam menjaga keamanan masyarakat. “Petugas kepolisian langsung bersentuhan dengan warga dan bertugas melakukan pengamanan pilkada serta kegiatan operasi kepolisian sehingga sangat riskan terpapar covid. Sedangkan  hasilnya akan kami informasikan kepada anggota langsung” tambah kapolresta Kediri.

Baca Juga : Dianggap Aneh, Ini Penjelasan Humas Satgas Terkait Rekap Data Covid-19 di Kabupaten Malang

“Apabila dari hasil rapid ini   terdapat anggota yang reaktif, tentunya akan dilakukan pemeriksaan lanjutan dan perawatan terhadap anggota. Kami juga lakukan rapid kepada keluarganya,” pungkas AKBP Miko Indrayana.