Petugas saat melakukan pembersihan pohon di Jalan Hasanudin, Dusun Beru, Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji, Sabtu (26/9/2020). (Foto: istimewa)
Petugas saat melakukan pembersihan pohon di Jalan Hasanudin, Dusun Beru, Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji, Sabtu (26/9/2020). (Foto: istimewa)

Hujan cukup deras mengguyur disertai angin kencang melanda kawasan Kota Batu. Akibat hujan bercampur angin ini, satu pohon tumbang di Jalan Hasanudin, Dusun Beru, Desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji, Sabtu (26/9/2020).

Pohon tumbang itu menimpa kabel listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN), sehingga cukup membahayakan bagi pengguna jalan yang melintas. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu memotong batang pohon kayu yang tumbang.

Baca Juga : Wali Kota Batu Selalu Kontrol Perkembangan Warga Al-Izzah, Begini Kondisinya Saat Ini

Beruntung, dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. “Kami sudah melakukan penanganan, dengan melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang,” kata  Pelaksana Tugas (plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Dia menjelaskan, kejadian itu memang dipicu hujan disertai angin kencang. Salah satu pohon tidak kuat menahan terpaan angin sehingga roboh. Pohon yang tumbagn jenis akasia dengan diameter 20 centimeter, tinggi 15 meter.

“Pohon yang tumbang itu langsung menimpa kabel listrik. Sehingga menganggu lalu lintas jalan, karena cukup membahayakan jika ada yang melintas jalan tersebut,” tambahnya.

Melihat kondisi yang membahayakan, upaya yang  tim yang terdiri dari BPBD Kota Batu, taruna siaga bencana (tagana), garda relawan, perangkat desa se-tempat, dan warga melakukan  cepat dan koordinasi dengan PLN. 

Baca Juga : Marah Besar, Wali Kota Batu Sesali Adanya Aksi Damai Warga Tuntut Perlindungan Mata Air

Ia pun menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kota Batu agar waspada jika terdapat hujan disertai angin. Mengingat potensi bencana di Kota Batu saat hujan disertai angin adalah pohon tumbang dan tanah longsor. Sehingga saat hujan disertai angin agar menghindari pohon.

Sedang, sebelumnya tanah longsor juga melanda kawasan Jalan Raya Pandanrejo, Desa Pandanrejo, Kecamatan Bumiaji. Dan pohon tumbang di WR Supratman, kelurahan Ngaglik Kecamatan Batu.