Dua paslon bupati-wakil bupati Banyuwangi saat pengundian nomor urut paslon. Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Dua paslon bupati-wakil bupati Banyuwangi saat pengundian nomor urut paslon. Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Ibarat balap motor Grand Prix (GP), pole position dianggap berpengaruh terhadap kemenangan. Pembalap yang menempati pole position pertama atau grid satu punya peluang besar menjuarai lomba.

Nah, pole position itu juga dihubungkan dengan pilkada Banyuwangi yang saat ini memasuki tahap kampanye. Pasangan calon (paslon) H Yusuf Widyatmoko-KH Muhammad Riza Azizy (Mas Yusuf-Gus Riza) dianggap unggul pole position atas paslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas- H Sugirah (Ipuk-H Sugirah). Pasalnya, Mas Yusuf-Gus Riza mendapatkan nomor urut 1 dan Ipuk-H Sugirah mendapatkan nomor urut dua.

Baca Juga : Jelang Kampanye, Bawaslu Jember Deklarasikan Pemilu Sehat dan Jurdil

Bagi pasangan Yusuf-Riza, sebenarnya semua nomor adalah baik. Sama-sama istimewa.  Yang penting, kompetisi pilkada Banyuwangi berlangsung sportif bagi pendidikan politik rakyat. Apalagi hanya diikuti dua paslon. 

Menurut Yusuf, rakyat bebas memilih pemimpin terbaik dari yang baik. Nomor 1 atau nomor 2 isinya lambang bilangan angka. Masing-masing memiliki makna filosofis yang boleh dipersepsikan apa pun dan setiap nomor itu identitas yang melekat pada paslon.

“Nomor 1 itu letaknya di depan dibanding angka nomor lain. Angka satu wujudnya ‘alif’. huruf pertama dalam bahasa Arab yang berbentuk garis tegak. Rakyat Banyuwangi menginginkan pemimpin umaro dan ulama. Saya dan Gus Riza (paslon nomor 1) selalu berdiri tegak lurus bersama rakyat dalam memakmurkan Banyuwangi,” ujar  Yusuf.

Selanjutnya suami Minuk Uliawati itu mengungkapkan rasa syukur mendapatkan nomor urut 1. Untuk itu, dia mengajak semua warga Banyuwangi untuk mendukung dan berpartisipasi aktif dalam  pemilihan bupati-wakil bupati Banyuwangi Rabu 9 Desember 2020. Masyarakat diminta  datang dan menggunakan hal pilihnya dengan mencoblos di tempat pemungutan suara (TPS).

Sementara Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, calon bupati nomor urut 2 bersama H Sugirah mengungkapkan pihaknya merasa bersyukur telah melewati satu lagi tahapan dalam pilkada Banyuwangi 2020.

Baca Juga : Dua Paslon Pilkada Banyuwangi Menandatangani Pakta Integritas Pilkada Damai

Menurut Ipuk,  pada dasarnya semua nomor itu berkah. Paslon Ipuk-H Sugirah mendapatkan nomor urut 2 berarti dua kali lebih semangat lagi untuk memenangkan kontestasi pilkada Banyuwangi. "Dan kedepan dua kali lebih semangat dalam menjadikan Banyuwangi yang dua kali lebih maju, dua kali lebih sejahtera, dan dua  kali lebih berkah,” ungkap wanita kelahiran Magelang itu.

Selanjutnya Ipuk menuturkan nomor urut 2 yang disimbolkan dengan dua jari identik dengan huruf V (victory) menjadi lambang kemenangan bagi paslon Ipuk-H Sugirah.