Santunan anak yatim piatu di kantor KONI Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Santunan anak yatim piatu di kantor KONI Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Banyuwangi bersama Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) menggelar beberapa acara. Yakni khotmil quran, santunan anak yatim piatu serta bakti sosial bagi warga yang tinggal di sekitar KONI Banyuwangi, Jumat (25/9/2020).

Menurut Mukayin, Ketua KONI Banyuwangi, ide untuk menggelar rangkaian acara tersebut merupakan bentuk tindak lanjut dari obrolan pengurus yang merasa prihatin dengan adanya wabah Covid-19. Serta keinginan untuk berbagi membantu meringankan beban ekonomi warga yang sangat membutuhkan.

Baca Juga : Dewan Usul Sarana Olahraga Gratis, KONI Kota Malang Perjuangkan Atlet

”Sumber dana yang digunakan untuk menggelar acara merupakan spontanitas dan iuran dari beberapa pengurus, pengurus cabang olahraga maupun para dermawan yang menyisihkan  sebagian hartanya untuk membantu saudara yang kurang beruntung,” jelasnya.

Pengajar SMK Negeri 1 Glagah itu, menuturkan, meskipun berawal dari obrolan ringan ternyata hasil bantuan sosial yang dikumpulkan cukup banyak dan jauh di atas ekspektasinya sebagai pengurus KONI Banyuwangi.

Selanjutnya dia mengungkapkan, kegiatan khotmil quran dilaksanakan selama satu hari. Mulai habis salat subuh dan diperkirakan khatam setelah ashar atau menjelang magrib. Untuk santuan anak yatim piatu, panitia mampu memberikan santuan bagi 17 anak berupa uang sebesar Rp 500 ribu/per anak.

Sedangkan untuk bakti sosial yang berupa pembagian beras dalam bentuk kemasan 5 kilogram diberikan kepada 45 dhuafa dan fakir miskin yang tinggal di sekitar kantor KONI Banyuwangi. Serta sebagian diberikan kepada tetangga pengurus KONI Banyuwangi yang dinilai layak mendapatkan bantuan.

Lebih lanjut pria asal Madiun itu menambahkan, dengan menggelar rangkaian acara khotmil quran, santunan yatim piatu dan bakti sosial, pihaknya berharap agar Tuhan segera menuntaskan wabah Covid-19. Sehingga masyarakat pada umumnya dan secara khusus para pembina dan pelaku olahraga mampu lagi melakukan aktivitas secara normal kembali.

"Ini ikhtiar lahir dan batin agar Tuhan Yang Maha Kuasa selalu memberikan hidayah, bimbingan dan petunjuk yang baik dalam penyusunan dan pelaksanaan program pembinaan olahraga di Banyuwangi agar lebih maju  dan lebih baik,”ujarnya mengakhiri wawancara.

Baca Juga : Laga Uji Coba Persik Kediri Hajar Martapura FC 3-0 lewat Tendangan Penalti

Dalam kegiatan tersebut selain pengurus KONI dan Cabang Olahraga juga hadir Zen Kostolani, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi yang didampingi Kabid Olahraga dan beberap staf dan karyawan kantor Dispora Banyuwangi.