Kepala Desa Yosomulyo Drs Joko Utomo Purniawan, M.Pd menyerahkan BLT DD pada warga terdampak Covid 19
Kepala Desa Yosomulyo Drs Joko Utomo Purniawan, M.Pd menyerahkan BLT DD pada warga terdampak Covid 19

Dampak dari penyebaran virus corona atau Covid-19 di tengah masyarakat hingga kini masih dirasakan di banyak lini, terutama sektor perekonomian di Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran.

Bahkan, ada kekhawatiran Covid-19 akan menyebabkan krisis ekonomi yang berkepanjangan. Hal ini disampaikan Joko Utomo Purniawan, Kepala Desa Yosomulyo saat pencairan Bantuan Kangsung Tunai Dana Desa (BLT DD) di Balai Desa Yosomulyo, 25/9/2020.

Baca Juga : Pulau Dewata Bali Terima Ventilator dari Astra Financial

"Gejolak ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi Covid -19 ini, memberi dampak besar perlambatan perekonomian," kata Joko.

Pria yang kedua kali memimpin Desa Yosomulyo itu menyebut pihaknya tidak ingin warganya sampai tidak bisa makan dan tidak bisa tidur karena tempat tinggal yang tak layak.

"Kami tak ingin ada warga yang sampai tidak bisa makan, maka di Desa Yosomulyo ini kami bentuk Satgas Penanggulangan Kemiskinan dan Brigade Desa," ucapnya.

Penyerahan bantuan yang dimulai pukul 13:00Wib hari ini, ada 138 keluarga yang menerima bantuan senilai Rp 124,200,000.

"Sasaran penerima BLT Dana Desa yakni keluarga miskin nonpenerima bantuan PKH, BPNT, BST, dan bantuan sejenis lainnya. Besarnya bantuan hari ini Rp 900.000 selama tiga bulan diberikan pada Juli, Agustus, dan September 2020," jelas Kades Joko.

Sementara pendamping desa Dwi Astuti Anggraini menyebut pencairan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Desa Yosomulyo terbilang paling tertib dan warga bisa mematuhi protokol kesehatan.

Baca Juga : Jenazah Korban Amuk Warga Dimakamkan dengan Pengawalan Polisi

Teknis pembagian BLT dilaksanakan memenuhi protokol pencegahan Covid-19 dengan mengundang penerima secara bergiliran, tempat duduk antrean berjarak aman, menyediakan tempat cuci tangan/hand sanitizer, serta memakai masker.

"Betul mas, selama mendampingi pencairan BLT saya saksikan di Desa Yosomulyo ini warganya tertib antre dan memakai masker semua, ini sangat membanggakan," terangnya.

Bagi warga yang berhalangan hadir hari ini, akan dilaksanakan pencairan sistem jemput bola.

"Warga yang sakit dan tidak bisa hadir hari ini akan diberikan kerumahnya dan disaksikan Babhinkamtibmas dan Babinsa," terangnya.