Petugas saat berupaya memadamkan kebakaran di PT Unirama Duta Niaga (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)
Petugas saat berupaya memadamkan kebakaran di PT Unirama Duta Niaga (Foto : Ashaq Lupito / MalangTIMES)

Petugas pemadam kebakaran terpantau masih berjibaku guna memadamkan api yang melahab PT Unirama Duta Niaga. Hingga Kamis (24/9/2020) malam sekitar pukul 18.00 WIB, petugas berpakaian atribut khas pemadam kebakaran masih berupaya menyemprotkan air dari dua sisi bangunan gudang distributor popok tersebut.

Sementara itu, dari informasi yang dihimpun media online ini, insiden kebakaran yang terjadi di gudang distribusi popok dan kosmetik yang berlokasi di Jalan Raya Karangploso, Desa Ngijo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang itu, menelan kerugian hingga puluhan miliar.

Baca Juga : Sebulan 7 Lokasi Terbakar, Simak Cara Cegah Kebakaran dari Petugas Damkar Ini

”Kata pihak perusahaan (PT Unirama Duta Niaga) kerugian ditaksir mencapai Rp 25 miliar,” kata Kepala Bidang PPK (Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran) Kabupaten Malang, Goly Karyanto saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (24/9/2020) malam.

Kerugian yang mencapai puluhan miliar tersebut, lanjut Goly, dihitung dari perkiraan nilai bangunan yang terbakar, serta barang yang ada di dalam bangunan gudang distributor tersebut.

”Katanya barangnya (yang terbakar, red) saja kerugiannya mencapai Rp 22 miliar. Sedangkan kalau bangunannya saja mencapai Rp 3 miliar. Kalau ditotal kemungkinan kerugian mencapai kisaran Rp 25 miliar itu,” jelas Goly.

Pernyataan serupa juga disampaikan oleh Kapolsek Karangploso, AKP Bambang Sidik Achmadi. Kepada media online ini, pihaknya menuturkan jika kerugian sampai dengan saat ini ditaksir mencapai puluhan miliar. ”Kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp 20 miliar,” ungkap perwira polisi dengan pangkat tiga balok dibahu ini, saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis (24/9/2020) malam.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, PPK Kabupaten Malang mendapat laporan adanya peristiwa kebakaran yang terjadi di gudang distributor popok dan kosmetik milik PT Unirama Duta Niaga itu, pada Kamis (24/9/2020) sekitar pukul 12.25 WIB.

Baca Juga : Listrik Padam Akibat Layang-layang, PLN Rugi Ratusan Juta

Tidak lama kemudian, sekitar 70 petugas gabungan pemadam kebakaran dan mobil pemadam kebakaran bergantian tiba ke lokasi kejadian. Kendati belum diketahui secara pasti dari penyebab kebakaran, namun dugaan sementara indikasi sumber api berasal dari konsleting listrik.

Sementara itu, dari pengamatan media online di lapangan, mobil pemadam kebakaran bergantian keluar masuk gudang distributor popok dan kosmetik milik PT Unirama Duta Niaga tersebut.

Hingga berita ini ditulis, petugas pemadam kebakaran masih menyemburkan air ke titik api. Sesekali juga terdengar ledakan dan suara bangunan yang roboh akibat tersambar kobaran api.