Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Panen Tembakau, Ini Kata Bupati Soal Penjualan Tembakau Lumajang

Penulis : Moch. R. Abdul Fatah - Editor : A Yahya

22 - Sep - 2020, 17:54

Placeholder
Bupati dan Wakil Bupati Lumajang ketka panen tembakau di desa Kaliwungu Tempeh (Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq dan Wabup Ir. Indah Amperawati, pada hari ini, Selasa (22/9) secara bersama-sama melakukan panen tembakau di desa Kaliwungu Kecamatan Tempeh.

Dalam kesempatan ini, Bupati Lumajag menyebut, sampai saat ini tembakau Lumajang masih memiliki akses penjualan yang baik, setidaknya dengan tiga perusahaan besar, yakni PT. Indonesia Dwi Sembilan, PT. Sadana dan PT. Alliance One Indonesia.

Baca Juga : Supplier Tagih Pembayaran, BIP: Kami Akan Bayar Secara Bertahap

Bahkan dari tiga perusahaan ini, hanya PT. Indonesia Dwi Sembilan yang masih menyesuaikan jadwal pembeliannya, sedangkan dua perusahaan lainnya, sudah siap melakukan pembelian.

"Saat ini banyak terjadi di daerah lain, para petani tembakaunya tidak mendapatkan akses kepada pembeli, bahkan kalaupun ada harganya sangat murah. Alhamdulillah tembakau di Lumajang masih diminati," kata Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq.

Dalam kesempatan ini Bupati juga mengatakan, penguatan kemitraan dengan buyer tembakau tetap harus ditingkatkan, agar pada masa panen, kelangsungan petani tembakau di Lumajang dapat dipertahankan.

"Beberapa petani tembakau varietas lokal juga telah melakukan kemitraan konvensional dengan para pengepul tembakau, khusus untuk konsumsi lokal yang ada di pasar pasar tradisional di Lumajang," kata Bupati Lumajang kemudian.

Baca Juga : Manfaatkan Marketplace untuk UMKM, BI Jatim: Harus Didukung Oleh Pelaku Kreatif

Wilayah selatan Lumajang, khususnya kecamatan Tempeh memang memiliki potensi pertanian tembakau yang cukup bagus. Bahkan pada masa lampau petani tembakau sempat mengalami kejayaan, saat tembakau dari Lumajang diharga sangat mahal di Jerman.


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moch. R. Abdul Fatah

Editor

A Yahya