Kondisi truk terbakar. (istimewa)
Kondisi truk terbakar. (istimewa)

JOMBANGTIMES - Sebuah truk bermuatan rongsokan terbakar di jalan raya Jombang. Akibat kebakaran itu, arus lalu lintas sempat mengalami kemacetan di lokasi.

Peristiwa itu terjadi di Jalan Brigjen Kretarto, Desa Mojongapit, Kecamatan Jombang, Jumat (18/9) sore. Tepatnya 300 meter di sebalah timur kantor Satlantas Polres Jombang. Truk bernopol S 9568 UP itu awalnya melaju dari arah barat ke selatan, atau dari arah Desa Sambong ke Desa Mojongapit.

Baca Juga : 25 Meter Rumpun Bambu Dilalap Si Jago Merah di Kota Batu, Diduga Kelalaian Manusia

Tiba di lokasi kejadian, truk yang dikemudikan oleh Lukman Hakim (38), warga Desa Mojongapit, Kecamatan Jombang, itu mengalami kebakaran di bagian bak truk. Tahu ada kepulan asap, sopir truk kemudian menghentikan kendaraannya. 

"Sopir yang mengetahui ada api kemudian menghentikan kendaraan. Sopir beserta kernet truk langsung menurunkan barang-barang yang ada di bak truk," ujar Kasi Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana BPBD Jombang Gunadi di lokasi.

Truk tersebut bermuatan rongsokan berupa kardus bekas. Beruntung, kobaran api bisa dihindari dengan menurunkan kardus bekas tersebut dari bak truk.

Namun, api yang membakar kerdus bekas tersebut terus membesar saat setelah diturunkan. Kerdus bekas yang terbakar tercecer hingga ke bahu jalan.

Pihak BPBD Jombang yang mendapatkan laporan warga, langsung meluncur ke lokasi dengan satu unit mobil pemadam kebakaran. "Barang saat diturunkan itu sudah terbakar. Jadi, terbakar itu sejak di atas bak truk. Truknya selamat tidak terbakar," tandasnya.

Baca Juga : Kisah Mengharukan Suami 19 tahun Rawat Istri dan Anaknya yang Lumpuh Tarik Simpati, GPK Bantu Uang dan Sembako

Gunadi menduga api berasal dari bekas puntung rokok. Dia mengasumsikan, bila kebakaran terjadi akibat korsleting listrik, maka badan truk akan terbakar duluan.

"Kalau misalkan dari kelistrikannya pasti badan truk terbakar. Ini mobilnya aman. Kemungkinan dari puntung rokok. Kalau tidak gitu, ya saat barang dinaikkan terkena percikan api," kata Gunadi.

Kebakaran tersebut tidak memakan korban jiwa. Sopir dan kernet beserta kendaraan bisa diselamatkan. Hanya saja, peristiwa itu sempat membuat arus lalu lintas di lokasi mengalami kemacetan. Sebagian kendaraan sempat dialihkan ke Jalan Anggrek, Desa Candimulyo, Kecamatan Jombang, atau arah Stadion Merdeka Jombang.