Para pelajar menikmati wifi gratis di salah satu rumah warga Kelurahan Pakelan.(eko arif s/Jatimtimes)
Para pelajar menikmati wifi gratis di salah satu rumah warga Kelurahan Pakelan.(eko arif s/Jatimtimes)

Masih banyak persoalan akibat pandemi covid - 19 yang belum terselesaikan. Selain masalah ekonomi, salah satu yang tidak kalah penting lainnya ada di sektor pendidikan

Pembelajaran jarak jauh dengan metode daring alias dalam jaringan atau online mensyaratkan akses terhadap internet. Namun, koneksi internet tidak lantas membuat masalah di dunia pendidikan teratasi. 

Baca Juga : Kota Blitar Zona Oranye, Uji Coba Belajar Tatap Muka Dilanjutkan

Muncul beberapa masalah baru akibat adanya pembelajaran daring tersebut. Mulai dari jaringan internet yang tidak merata di semua daerah hingga minimnya fasilitas alat komunikasi yang digunakan untuk belajar setiap anak. Belum lagi penggunaan kuota yang boros bagi keluarga yang tidak memiliki jaringan wifi di rumahnya.

Keterbatasan biaya siswa dan orang tua siswa untuk membeli kuota internet menjadi penghambat proses pembelajaran jarak jauh. Atas keprihatin itu, Gereja Kristen Indonesia (GKI) memberikan bantuan wifi gratis kepada para pelajar di Kelurahan Pakelan, Kecamatan Kota, Kediri.

Maryo Gunawan selaku calon pendeta GKI Kediri menuturkan, pemberian bantuan wifi gratis bertujuan untuk meringankan beban para orang tua siswa. Sebab, situasi pandemi saat ini, banyak orang tua yang pendapatannya menurun dan kuota menjadi kebutuhan primer. 

"Ada empat titik di Kelurahan Pakelan. Satu server itu 75 MBPS. Datu titik maksimal 10 sampai 15 perangkat.Sedangkan untuk anggarannya sendiri diambil dari anggaran gereja yang sudah dianggarkan,"kata dia.

Di tempat yang sama, Lurah  Pakelan Subadi Waluyo sangat berterima kasih dengan adanya bantuan tersebut. Diharapkan nantinya bantuan yang diberikan bisa memperlancar pembelajaran melalui sistem online.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya bantuan ini. Memang banyak warga yang kesulitan untuk membeli paket untuk pembelajaran anak-anaknya,” ucap dia.

Sementara itu, Mutakalim -kabid di Dinas Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kediri- mengatakan, adanya bantuan wifi gratis ini tentunya sangat membantu anak-anak untuk belajar dan membantu ekonomi orang tua serta mempermudah anak anak dalam belajar.

Baca Juga : Pusdik SDMK Kemenkes Apresiasi Polkesma Hasilkan Tenaga Kesehatan Kompeten

"Harapan kami, semoga ada kepedulian dari warga, terutama untuk karang taruna bisa dilibatkan dalam pengelolaannya. Mungkin juga sebagi kontrol dan pendamping untuk anak," kata dia.

Sejak adanya pandemi covid-19 ini, di masing-masing kelurahan di Kota Kediri telah tersedia spot-spot internet gratis untuk mendukung upaya belajar dari rumah.

“Di masing-masing kelurahan di Kota Kediri ada spot-spot internet gratis, baik yang dari pemerintah maupun bantuan dari pihak-pihak lain. Diharapkan ini bisa membantu masyarakat menghadapi pandemi covid-19 ini,” tandas Mutakalim.

Pelayanan internet gratis ini akan dibuka dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB setiap hari.