Bupati Trenggalek ikuti pengumuman virtual pemenang dari Smart Center
Bupati Trenggalek ikuti pengumuman virtual pemenang dari Smart Center

 

TRENGGALEKTIMES- Lagi-lagi Kabupaten Trenggalek kembali sabet penghargaan Natamukti dari International Council for Small Business (ICSB). Nama Trenggalek menjadi salah satu yang tercantum dalam 23 pemenang tingkat kabupaten.

Dengan demikian, Kabupaten Trenggalek terhitung sudah empat kali dapat penghargaan Natamukti. Diumumkan secara virtual, Trenggalek dinilai berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing.

Baca Juga : Sempat Turun Drastis Karena Pandemi, Sektor Perindustrian di Kota Malang Kini Kembali Naik

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin, menganggap capaian tersebut sebagai penyemangat ke depan dalam meningkatkan pertumbuhan di sektor UMKM. "Memang pertumbuhan investasi khususnya di sektor UMKM ini meningkat cukup baik di Kabupaten Trenggalek di periode yang sama di bulan Agustus tahun 2019 dan 2020," ungkap Bupati Nur Arifin, Kamis (17/09/20).

Arifin juga menuturkan terdapat sekitar 28 miliar nilai investasi di sektor UMKM. Menurut Arifin hal tersebut membuktikan bahwa UMKM di Trenggalek mampu bertahan meskipun di tengah masa pandemi saat ini. "Jadi Natamukti ini makin menyemangati kita untuk terus bekerja lebih baik," tuturnya.

Nur Arifin berharap ke depan ada pendampingan terhadap para pelaku usaha mikro di Trenggalek, dengan demikian nilai jual dari produk UMKM bisa meningkat. Selain itu, kemudahan pelayanan, perizinan maupun sertifikat produk UMKM juga harus diperhatikan.

Baca Juga : Target Turun, BPN Kebut Selesaikan Target PTSL 13.339 Sertifikat

 

"Produk UMKM mereka biasanya masih fokus untuk lokal, bentuk dukungan kita adalah bagaimana dipermudah perijinan dan permodalan. Adapun spesifikasi khusus, seperti sertifikat ya itu yang perlu kita dampingi agar mereka bisa naik kelas," pungkas Arifin.