Foto: Pemkot.jogja.go.id
Foto: Pemkot.jogja.go.id

Dalam menyambut tahun 2021 Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah menyiapkan rencana kerja untuk mendukung percepatan pemulihan sosial ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan bahwa temanya adalah beberapa kata kunci yang dibangun seperti percepatan pemulihan, sosial ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat. Untuk percepatan pemulihan dimaknai sebagai segala upaya yang bisa dilakukan untuk mempercepat proses perbaikan kondisi yang ada. Demikian saat mempimpin upacara bendera secara daring di ruang Yudistira Balai Kota Yogyakarta, Kamis (17/9/2020).

Baca Juga : Lantik Pejabat Pemkot Walikota Ingatkan ASN Berikan Pelayan Cepat dan Tepat kepada Masyara

“Secepat mungkin mengembalikan proses pembangunan yang sudah dilaksanakan, mengejar penurunan yang terjadi dan kembali kepada target yang ingin dicapai di akhir RPJMD Kota,” jelasnya.

Sementara sosial ekonomi dimaknai bahwa bidang sosial ekonomi yang mengalami penurunan di tahun 2020 harus dipulihkan. Dua bidang tersebut berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat. Dan kesejahteraan masyarakat dimaknai sebagai wujud kondisi terbaik bagi masyarakat kota, baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun sosial” katanya.

Ia mengungkapkan meski di tengah pandemi covid-19, masyarakat Kota Yogya selalu melakukan kegiatan positif dan tetap produktif. Terlebih saat ini, banyak kegiatan yang harus di karantina akibat pandemi covid-19, maka salah satu upaya positif yang dapat dilakukan saat pembelajaran di dalam rumah adalah membaca dan menulis,” ujarnya.

Untuk itu, Poerwadi mengajak seluruh warga Kota Yogya agar terus menggalakkan kegiatan membaca dan menulis menjadi suatu budaya positif. “Jadikanlah rumah, kantor dan lingkungan kita sebagai perpustakaan mini yang subur oleh aktivitas keilmuan, semangat berliterasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat,” ujarnya.

Baca Juga : Dewan: Surabaya Sudah Indah, Tapi Layanan Kesehatan, Pendidikan dan Hunian Buruk

Selain itu, dia berharap agar masyarakat Kota Yogya untuk tetap menjaga protokol kesehatan covid-19 agar dapat mengurangi penyebaran virus Covid-19.

“Tingkatkan kewaspadaan diri dari penyebaran covid-19, selalu gunakan masker, dan sering mencuci tangan setelah beraktivitas, serta rutin berolahraga,” pungkasnya.