Samuel Teguh Santoso
Samuel Teguh Santoso

Ketua DPD Partai Perindo Surabaya, Samuel Teguh Santoso menjelaskan, DPD Partai Perindo Surabaya mengalihkan dukungan ke Machfud Arifin-Mujiaman. Ini karena menjalankan perintah dari DPW dan DPP.

“Jadi, kami dapat instruksi dari DPW dan DPP untuk mendukung Pak Machfud-Mujiaman. Nah, sebagai petugas partai, kami tunduk kepada perintah partai dan siap menjalankan perintah tersebut,” ujar Samuel Teguh Santoso, Kamis (17/9).

Meski Partai Perindo mendukung Machfud Arifin-Mujiaman, namun Samuel membantah jika KMS (Koalisi Membangun Surabaya) pecah. 

KMS sendiri beranggotakan partai non parlemen atau yang tidak memiliki kursi di DPRD Surabaya. Yakni, Partai Hanura, Partai Perindo, PBB, PKPI, Partai Berkarya, dan Partai Garuda yang sebelumnya sempat menyatakan dukungan kepada pasangan Eri Cahyadi-Armuji.

“KMS tidak pecah. Kami selalu bersama. Kalau kami mendukung Pak Machfud-Mujiaman, kemudian parpol lain mendukung Pak Eri Cahyadi-Armuji itu tidak masalah. Kami tetap solid. Karena siapapun wali kota yang terpilih nanti merupakam kemenangan masyarakat Surabaya. Dan, KMS tetap akan melakukan kontrol terhadap kebijakan wali kota nanti. Mengingat KMS ini bagian dari masyarakat yang tidak ada di parlemen,” ungkapnya.

Ditanya apa parpol nonparlemen yang tergabung dalam KMS nanti akan ada yang mengikuti jejak Perindo, mendukung Machfud Arifin-Mujiaman? Samuel tak bisa memprediksi. Tapi kemungkinan itu bisa saja. “Yang jelas, saat ini saya lagi fokus ke Pak Machfud-Mujiaman,” jelasnya.

Samuel Teguh sendiri sebelumnya sempat hendak berniat maju Pilwali Surabaya lewat jalur independen. Namun, dia mengakui ada syarat yang tak terpenuhi tentang pengumpulan bukti KTP. Karena hanya berhasil menggalang sekitar 70 ribu dukungan.

Meski gagal maju sebagai calon, Samuel Teguh tetap memiliki harapan lain. Karena dia menganggap program yang dia usung untuk kemajuan Kota Surabaya hampir sama dengan yang dicanangkan oleh pasangan Machfud-Mujiaman.

"Program dan visi misi Pak MA yang dicanangkan dalam membangun Kota Surabaya banyak kesamaannya dengan program-program yang saya sampaikan ketika maju menjadi calon wali kota dari jalur independen (perseorangan),” tandasnya.

Soal persiapan Perindo Surabaya untuk pemenangan MA, Samuel menjelaskan, jika Perindo Surabaya akan mengerahkan tenaga dari kader-kader Perindo hingga tingkat RT-RW. “Jadi nanti kader-kader akan menyasar ke basis-basis Perindo. Ada sekitar 46 ribu lebih akan kita galang lagi untuk pemenangan Pak Machfud-Mujiaman,” pungkasnya