Nasi Ampok Lodeh Pedas Khas Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES
Nasi Ampok Lodeh Pedas Khas Tulungagung / Foto : Anang Basso / Tulungagung TIMES

Nasi ampok merupakan salah satu makanan khas Tulungagung yang digemari masyarakat. Meski enak dimakan siang, umumnya nasi ampok dijual di warung sore hingga malam hari.

Warung nasi ampok sendiri sudah banyak tersebar di Kota Marmer, biasanya warung penjual nasi ampok selalu menjual pula nasi tiwul. "Saya sangat senang menikmati nasi ampok sama lodeh dengan tumpangan ikan lele atau bandeng pedas," kata Agus, seorang kusir bendi saat menikmati nasi ampok ini.

Baca Juga : Kuliner Tradisional di Sempulur Tulungagung Diminati, Ternyata Ini Rahasianya

Nasi ampok ini tak jauh berbeda dengan nasi putih biasa dalam penyajiannya. Ampok biasa dimakan dengan sayur lodeh, urap dan ikan asin. Ampok merupakan nasi jagung yang dibuat dari biji jagung kering yang ditumbuk kasar kemudian dikukus. "Enak, dan rasanya di perut nyaman. Apalagi jika kuahnya banyak," kata Amira, penikmat nasi ampok.

Beda dengan Agus, gadis yang juga menjalani masa diet ini mengaku mengkonsumsi nasi ampok untuk mengontrol berat badan. "Saya juga diet dengan nasi jagung ini, pencernaan juga terasa enak sekaligus bisa memilih lauk sesuka hati," imbuhnya.

Jika dilihat dari berbagai referensi, nasi jagung memang menjadi alternatif sehat untuk diet dan penderita diabetes. Jagung juga merupakan makanan bebas gluten alami dan dapat dimakan oleh mereka yang menghindari gluten. Jagung mengandung vitamin C, vitamin B, magnesium, dan kalium.