Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Warga Tuban Keluhkan Sulitnya Daftar Banpres UMKM 2,4 Juta Rupiah

Penulis : Arif Agung H - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

13 - Sep - 2020, 19:50

Placeholder
Dinas Koperindag Tuban di Jl. DR. Wahidin Sudirohusodo No.117, Latsari, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban (10/9/2020)

Di saat pandemic Covid-19 melanda berbulan-bulan sejumlah masyarakat Tuban mengeluhkan sulitnya mencari informasi tentang Banpres produktif UMKM, yaitu Bantuan Presiden bersifat hibah untuk para pegiat UMKM senilai Rp 2,4 juta, padahal pemerintah sendiri menargetkan 12 juta penerima.

Semenjak Kabupaten Tuban dinyatakan zona merah dan berubah menjadi zona orange (9/9/2020) kondisi perekonomian masyarakat Tuban masih sangat labil. Dalam kondisi yang memilukan ini masyarakat masih sangat membutuhkan bantuan usaha, minimal untuk bertahan.

Baca Juga : Ekspansi Jaringan, GrabKitchen Buka di Malang dan Gandeng 11 Resto-UMKM

“Pasar sepi, daya beli masyarakat rendah, paceklik sungguhan ini mas, kami bersyukur jika dibantu pemerintah, tapi bingung infonya,” ungkap Makrus, penjual baju di Pasar Singgahan.

Jika di Dinas koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jombang membuka akses pendaftaran online lewat bit.ly/bantuanusahamikro2020, maka hal ini masih sungguh berbeda dengan keadaan di Tuban, terkesan hanya sekedar informasi senyap, mengingat website yang dimiliki Diskoperindag :  http://diskoperindag.tubankab.go.id/ update terakhir 20 Agustus 2019 - 08:18:54 WIB.  

Menurut aturannya ada 2 cara, para pelaku usaha UMKM mengakses Banpres UMKM 2,4jt, yaitu secara online (dalam jaringan/ daring) dan secara offline (luar jaringan/ luring). Untuk cara luring, calon penerima bantuan bisa datang langsung ke Dinas Koperasi dan UKM di kota/kabupaten masing-masing. Untuk yang tidak bisa langsung datang ke kantor Dinas Koperasi dan UKM, bisa mendaftar dengan cara daring. 

Pendaftaran bisa dilakukan dengan mengakses https://siapbersamakumkm.kemenkopukm.go.id/. Namun layanan dari kementerian koperasi dan UKM ini pun masih belum bisa dimanfaatkan masyarakat Tuban secara keseluruhan, pasalnya website tidak ditemukan ketika diakses.

Di sisi lain beberapa Kabupaten seperti Jombang, Tulungagung dan lainnya berinisiatif membuka online untuk warganya, via google form, hal ini bertujuan mempermudah dan meminimalisir antrean panjang pendaftar.

Baca Juga : BI Sebut Industri Kreatif Salah Satu Celah Bangkitkan Perekonomian

Informasi yang minim ini pun dirasakan oleh Abdul Haris, pengusaha online, warga Tuban berasal dari Desa Lajo Kidul, Kecamatan Singgahan. “Rumah saya jauh dari Tuban kota, coba daftar online di website kementerian tidak bisa, di website Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tuban juga tidak ada info, facebooknya juga tidak ada,” terang Haris.

“Yang saya ketahui dari website, program ini ditutup jika sesuai target penerima 12 juta penerima, entah berapa warga Tuban yang akan menerima, semoga masih ada kesempatan,” pungkas Haris.

 


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Arif Agung H

Editor

Sri Kurnia Mahiruni