Perkembunan bawang di Saudi Arabia (Foto: Alman Mulyana)
Perkembunan bawang di Saudi Arabia (Foto: Alman Mulyana)

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang dipenuhi dengan tempat sejarah-sejarah Islam. Kendati demikian, terdapat tempat-tempat menarik lainnya yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia.  

Seperti di Tanah Air, di Arab Saudi ternyata juga terdapat perkebunan bawang. Perkebunan bawang itu berada di wilayah Kota Ta'if, Mekkah, Arab Saudi.  

Baca Juga : Rumah Raja Jadi Sarang Kelelawar, Lihat Kondisi Kediaman Raja Pertama Arab Saudi

Lantas seperti apa suasana perkebunan bawang di Arab Saudi?  

Dipantau melalui tayangan channel YouTube Alman Malyana, tampak perkebunan bawang yang sama saja dengan perkebunan di Indonesia. 

Dalam video itu terlihat perkebunan yang begitu luas. Untuk mengairi perkebunan itu, air langsung diambil melalui tanah.

Diceritakan oleh Alman, para petani di perkebunan tersebut berasal dari Pakistan. Sementara yang memiliki lahan luas itu merupakan orang asli Arab Saudi.

Diceritakan juga jika para petani datang ke perkebunan tersebut pada pukul 04.00 pagi waktu Arab Saudi. Masing-masing petani diberikan gaji senilai Rp 5 juta.  

Di video itu juga tampak puluhan petani yang sedang bekerja. Sebagian dari mereka tampak mencabuti rumput agar daun bawang bisa tumbuh dengan subur.

Baca Juga : Hemm Lezat! Nasi Goreng Ampok Tiwul Khas Wonosalam yang Harum Gurih nan Pedas

Selain itu tampak juga beberapa petani yang tengah panen daun bawang. Nantinya, daun bawang itu akan melalui proses pembersihan lalu dikirim ke kota untuk dijual di pasar maupun supermarket.  

Selanjutnya, Alman juga menunjukkan cara petani di sana saat membersihkan daun bawang. Setelah dibersihkan, daun bawang akan melalui proses selanjutnya yakni pemotongan di bagian pucuk daun.  

Terlihat daun bawang yang sangat bersih siap dikirim ke kota.

TERNYATA SEPERTI INI KERJA JADI PETANI BAWANG DI ARAB