Plt Sekretaris Disporapar Kota Malang, Eko Syah (foto dok MalangTIMES)
Plt Sekretaris Disporapar Kota Malang, Eko Syah (foto dok MalangTIMES)

Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang minta sejumlah cabang olahraga (cabor) yang ikut dalam Pekan Olahraga Sekolah Dasar (PORSD) mendata atlet yang berprestasi. Selanjutnya, atlet itu akan digembleng pada pemusatan latihan cabang (puslatcab).

Perhatian pemerintah dalam memajukan olahraga di Kota Malang mulai ditumbuhkan dari usia dini. Ya hal tersebut dikatakan Plt Sekretaris Disporapar Eko Syah di mana pihaknya sudah meminta kepada seluruh cabang olahraga baik perorangan ataupun beregu agar bisa menginventarisir atlet yang sudah berprestasi.

Baca Juga : Ronald Koeman Incar Pemain-Pemain Andalan Timnas Belanda ke Barcelona

"Tidak hanya sepakbola, ini ada beberapa cabang olahraga terkait dengan PORSD, saya memang lagi menginventarisir semua atlet-atlet yang berprestasi, cabang-cabang yang ada di Kota Malang yang dipertandingkan nantinya," ujar Eko Syah belum lama ini.

"Minimal kami sudah meminta kepada para pelatih cabang olahraga, setelah itu kita didik mereka di Puslacab, mulai semua cabang olahraga minimal 5 atlet, untuk kategori cabang perorangan putra-putri. Kemudian kalau beregu 1 tim sepakbola, basket dan lainnya," imbuhnya.

Dengan adanya perekrutan atlet berprestasi itu, Eko berharap nantinya muncul bibit atlet yang bisa membawa nama Kota Malang di kancah Jawa Timur, nasional hingga Internasional. Karena jika melihat perkembangan olahraga saat ini, kota lain juga melakukan pembinaan mulai usia dini dan terus dikembangkan hingga menjadi atlet yang benar-benar siap untuk dipertandingkan.

"Kami gembleng mereka untuk menjadi atlet-atlet nantinya yang bagus, agar nanti bisa meningkat ke level daerah, provinsi, nasional hingga internasional, harapan kami begitu," kata Eko.

Baca Juga : Atlet Karate LEMKARI Ngawi Borong 53 Medali di Kejurnas

Sebagai informasi, Disporapar Kota Malang saat ini mengaku sudah menemukan beberapa atlet yang namanya sudah direkomendasikan. Nantinya atlet tersebut akan dilihat kembali sebelum diikutsertakan dalam Puslatcab.