Kasat Reskrim Polresta Malang Kota AKP Azi Pratas Guspitu saat mendatangi lokasi kejadian (Anggara Sudiongko / MalangTIMES)
Kasat Reskrim Polresta Malang Kota AKP Azi Pratas Guspitu saat mendatangi lokasi kejadian (Anggara Sudiongko / MalangTIMES)

Proyek Pembangunan gedung di Rumah Sakit Islam (RSI) Unisma menelan 4 korban jiwa. Keempat korban tewas tersebut dari 10 pekerja yang terjatuh saat naik lift di lantai 4 dengan ketinggian sekitar 20-an meter.  Bagaimana kronologis kejadian mengenaskan tersebut? 

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, insiden mengenaskan itu bermula saat sejumlah pekerja barus saja memulai kerja setelah istirahat siang sekitar pukul 12.40. Sebelumnya para pekerja ini istirahat dan makan siang serta melepas lelah. 

Baca Juga : Tunggakan Pajak Kendaraan di Kota Batu Capai Rp 7,2 Miliar, Didominasi Kendaraan R2

Usai istirahat, para pekerja ini melanjutkan pekerjaan dengan bersama-sama naik lift proyek menuju lantai 4. Namun ketika sudah tiba di lantai 4, tiba-tiba saja, tali slink baja yang digunakan untuk menarik lift ke atas terputus. Diduga saat itu, tali tak kuat menahan beban dari lift proyek yang dinaiki banyak orang.

Tak pelak para pekerja yang menumpangi lift langsung terjatuh bersamaan. Saat itu, Informasinya terdapat 11 orang yang menaiki lift, namun ketika terjatuh, 1  orang berhasil melompat dan berpegangan pada besi.

Kasat Reskrim Polresta Malang Kota, AKP Azi Pratas Guspitu menjelaskan, jika pihaknya saat ini masih terus melakukan pendalaman terhadap saksi, mandor maupun pihak pelaksana proyek.

Mengenai adanya indikasi human error,  pihaknya juga masih belum bisa memastikan. "Nanti kita lihat dulu hasil pendalaman seperti apa," jelasnya.

Baca Juga : Komentar Lucu Warganet soal Musni Umar Sebut Turki-Yunani Batal Perang Berkat Usulnya

Sementara itu, mengenai empat korban tewas, dari informasi yang diperoleh, jika nama ke empatnya yakni,Rutman Priyono (35) warga Sukopuro, Jabung, Kabupaten Malang, Subekti (30) warga Jabung, Kabupaten Malang, Kasianto (40) warga Pakis Cokro, Kabupaten Malang dan Agus Pratama (30) warga Ngantang, Kabupaten Malang.

Sebelumnya, RSI Unisma dibuat gempar setelah 10 pekerja proyek bangunan gedung terjatuh dan menewaskan 4 orang pekerja dan enam orang luka-luka. Para pekerja tersebut terjatuh dari lantai empat saat menaiki lift proyek. Diduga saat itu lift over kapasitas beban sehingga tali slink penarik putus dan membuat lift terjatuh.