Lalapan Cak Tomo (Hendra Saputra)
Lalapan Cak Tomo (Hendra Saputra)

Nama Warung Lalapan Cak Tomo sudah dikenal sebagian besar pencinta kuliner di Malang Raya. Kuliner ini yang menyajikan menu  dari masakan goreng hingga aneka Sea Food. Bahkan saking terkenalnya, beberapa publik figur kerap mampir di warung yang terletak di Jalan Tumenggung Suryo itu.

 

Warung Lalapan Cak Tomo sendiri pertama kali buka di Jalan Ijen, atau tepatnya sebarang Gereja Ijen pada tahun 2000 silam. Kemudian usaha kuliner tersebut diteruskan oleh anaknya dan hingga kini berkembang.

Baca Juga : Kangen Suasana Pantai di Masa Pandemi? Coba Sajian Khas Pantai Ini di Jombang

 

Nopi Purwo Irawan adalah putra dari pemilik Warung Lalapan Cak Tomo yang mulai tahun 2008 silam. Nopi sudah meneruskan usaha kuliner keluarganya tersebut. "Dulu awal buka saya memiliki dua karyawan. Alhamdulillah sekarang punya lima karyawan. Pertimbangan meneruskan usaha kuliner ini ya karena ingin punya usaha sendiri," kata Nopi.

Sejak tahun 2000 silam, Warung Lalapan Cak Tomo memang terkenal dengan lalapan dan Sea Food sehingga masyarakat tentunya akan sangat memahami resep turun temurun yang bisa dinikmati di lidah. "Dari dulu menu kami ada lalapan dan Sea Food, ayam goreng paling banyak dicari pelanggan, tapi kalau Sea  Food itu cumi rasa saus tiram, asam manis dan lainnya," ungkap Nopi.

Lanjut Nopi, pelanggannya sudah mulai dahulu ada mulai dari pejabat, masyarakat hingga pemain sepak bola. Hal itu menurutnya karena cita rasa lalapan yang dimiliki terus berlanjut dari mulut ke mulut. "Wali Kota Pasuruan, bapak Raharto Teno itu langganan mulai kuliah. Beliau mengatakan cita rasa masakan itu yang utama, lalu kedekatan kami juga sudah seperti teman akrab. Lalu pemain bola yang datang itu, dari mulut ke mulut. Ada juga orang dari kuat kota hanya ingin makan di sini," ungkapnya.

Dilihat dari brandingnya, Warung Lalapan Cak Tomo sudah sering banyak dipublikasikan dan beberapa akun Instagram kuliner juga sempat nama Cak Tomo semakin berkembang. "Alhamdulillah, masuk nominasi pertama lalapan terenak di malang dari Amazing, lalu masuk dinominasikan pertama masakan dari beberapa pemberitaan," kata Nopi.

Menurut Nopi, menjaga rasa di dalam masakan adalah kunci dari menjaga hubungan dengan pelanggan. Hal itu karena beberapa pelanggan juga langsung mengatakan kepada Nopi tentang rasa tidak pernah berubah.

"Rasa dan mutu adalah aset utama kami, itu semboyan lalapan Cak Tomo. Yang membedakan dari yang lain adalah punya ciri khas sambal, masakan Sea Food-nya pun juga ada ciri khas nya sendiri, dan menu Sea Food Mix, banyak sekali dicari pelanggan," tutur Nopi.

Baca Juga : Varian Es Krim Terbaru Rasa Indomie Lengkap dengan Taburan Bawang Goreng, Minat Beli?

Kini, Nopi mengaku bahwa dirinya membuka warung mulai dari siang karena masa pandemi membuat Lalapan Cak Tomo harus patuh terhadap peraturan pemerintah tentang batas waktu tutup tidak melebihi pukul 22.00 WIB.

"Waktu pandemi kami buka lebih awal dan tutup sore. Dan selama pandemi, banyak pesanan melalui online. Ya harapan saya pandemi segera usai, agar kami bisa aktifitas normal, karena cukup berpengaruh, seperti waktu PSBB dulu jamnya ya berkurang jadi ya kurang efektif untuk jualan," harapnya.

Rencananya, Warung lalapan Cak Tomo akan buka cabang di wilayah Sawojajar. Nopi mengatakan hal itu untuk memudahkan pelanggan mencari warungnya. "Karena pandemi, InsyaAllah saya buka tahun depan di Sawojajar. Harapannya ya pelanggan yang rumahnya wilayah sana tidak kejauhan ke sini, dan tentunya untuk rasa akan tetap sama," pungkasnya.