Toyota All New GR Yaris (Foto:  CarAdvice)
Toyota All New GR Yaris (Foto: CarAdvice)

Toyota Motor Corps telah memulai penjualan Al New GR Yaris di Jepang. Toyota bakal mengungkap seluruh wujud hatchback pada 16 September 2020 mendatang.

Dilansir melalui laman resmi perusahaan Toyota, dikatakan jika acara peluncuran itu akan mengonfirmasi ide-ide yang ada pada All New GR Yaris.  

Baca Juga : Sudah Ready di Indonesia, Berikut Detail dan Fitur Canggih Yamaha MT-07 dan MT-09

"Acara itu akan menginformasikan ide-ide yang tergabung dalam perkembangan GR Yaris dan cerita di balik perkembangannya, serta informasi tentang GR FACTORY," tulis Toyota.

Di acara tersebut, nantinya Presiden Toyota Akio Toyoda akan tampil langsung untuk mengemudi GR Yaris tersebut.  

Secara tampilan, All-new GR Yaris memiliki desain yang sporty dan terlihat gagah. Ini berkat penggunaan wide bodykit yang memanjang di bagian sisi bodi.

Tentunya desain tersebut akan berbeda dengan versi pendahulunya. Disebutkan jika tampilan GR Yaris akan lebih "galak" dikembangkan melalui TOYOTA GAZOO Racing World Rally Team (WRT).

Meski begitu, Toyota merancang GR Yaris ini bukan hanya untuk pembalap, melainkan juga "sebagai kendaraan yang dapat dikendarai siapa saja sesuai keinginan di jalan mana pun di dunia."

Di sisi lain, Toyota mengatakan jika All-new GR Yaris dikembangkan dengan proses terbalik, yakni dari mobil di ajang sport menjadi mobil produksi massal.  

Mobil tersebut diproduksi oleh GR Factory yang merupakan lini produksi eksklusif di Pabrik Motomachi yang diketahui memproduksi jenis-jenis mobil sport lainnya.  

Sementara all new GR Yaris ini dijual dengan rentan harga Rp 367,6 juta untuk varian RS (terbawah) hingga Rp 632,6 juta untuk tipe High performance.

Diharapkan, mobil ini dapat menjual 1.100 unit per bulan.  

All New Toyota Yaris GR yang merupakan hasil pengembangan mobil balap Toyota Gazoo Racing di ajang balap World Rally Championship (WRC)
Foto: msn.com

Di bagian depan mobil terdapat sebuah gril berukuran kecil menyatu dengan kampu depan yang menggunakan teknologi LED.  

Baca Juga : Nissan Kicks e-Power, Mobil Listrik yang Bertabur Inovasi, Harganya Rp 449 Juta

Di bawahnya ada sebuah lubang intake berukuran besar yang akan dengan mudah mendinginkan mesin mobil.  

Kesan elegan juga muncul pada penggunaan warna two-tone mobil dimana di bagian bawah menggunakan cat warna putih dan di atasnya menggunakan warna hitam.

Untuk menambah aerodinamis mobil, di bagian belakang dipasang juga sebuah sayap kecil dengan warna senada. Toyota All New Yaris GR tersedia dalam dua pilihan mesin yaitu 1.500 CC dan 1.600 CC turbo.

Mobil ini menggunakan mesin berkode M15A-FKS berkapasitas 1.500 CC 3 silinder dikawinkan dengan transmisi Direct-Shift CVT akan menghasilkan tenaga hingga 118 hp dengan torsi 145 Nm.

Sedangkan satunya lagi berupa mesin G16E-GTS 1.600 CC 3 silinder turbo intercooler dengan penggerak 4WD.

Sanggup menghasilkan output 268 hp dengan torsi maksimum 370 Nm yang dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan.

Toyota All New GR Yaris tersedia dalam tiga varian yaitu RS, RC, dan RZ.