Potongan gambar rekaman CCTV saat pelaku masuk ke dalam masjid, berpura-pura wudu dan juga saat pelaku beraksi mengambil helm (Ist)
Potongan gambar rekaman CCTV saat pelaku masuk ke dalam masjid, berpura-pura wudu dan juga saat pelaku beraksi mengambil helm (Ist)

Aksi curi helm lagi-lagi terjadi. Kali ini menimpa seorang jamaah masjid yang tengah melaksanakan salat. Kejadian tersebut terjadi di halaman parkir Masjid Al-Ihsan yang ada dikawasan Jalan Kolonel Sugiono 254, Gadang, Kecamatan Sukun, Kota Malang, pada 27 Agustus 2020, sekitar pukul 17.41 WIB.

Korbannya yakni, Riansyah P (28) warga Sukun, Kota Malang. Saat itu, korban itu tengah melaksanakan salat maghrib di dalam masjid.

Baca Juga : Gara-Gara Alarm Motor Dimatikan, Penyiar Radio Ini Jadi Korban Curanmor

 

Sebelum masuk ke masjid, korban meletakkan helm bermerek KYT dengan jenis Kyoto Espagaro di atas sepeda motornya tanpa khawatir akan hilang. Sebab, di halaman parkir masjid terdapat tiga sampai empat penjaga. Namun alangkah terkejutnya korban, ketika keluar masjid dan menuju lokasi motornya parkir. Helm miliknya tak lagi ada di atas sepeda motor.

Saat itu, penjaga parkir juga mengetahui keberadaan helm milik korban. Dari situ, korban dan pengurus masjid kemudian membuka rekaman kamera CCTV masjid dan kemudian mendapati jika helm korban ternyata diambil oleh maling.

"Tapi dikatakan sama penjaga masjidnya, sering terjadi kehilangan kotak amal dan sepeda motor juga mas. Padahal penjaga parkir masjidnya ada tiga sampai empat orang," bebernya saat dihubungi, Jumat (28/8/2020).

Lebih lanjut dijelaskannya, jika dari rekaman CCTV, pelaku terlihat berjalan kaki. Saat itu pelaku sempat masuk ke dalam masjid dan sempat melakukan wudu namun tidak melaksanakan sholat. Pelaku saat itu diduga masuk ke dalam masjid dan berpura-pura wudu hanya untuk memastikan situasi dan pemilik benar-benar aman saat beraksi.

"Pelakunya sempet masuk tempat wudu. Terus langsung keluar gak salat. Langsung keluar masjid menuju sepeda motor saya dan mengambil helm," jelasnya.

Saat beraksi mengambil helm korban, pelaku sempat beberapa saat duduk di atas motor korban sembari melihat situasi sekitar. Setelah situasi dirasa aman, pelaku kemudian langsung dengan santainya mengambil helm yang ada di atas motor korban.

Dari rekaman CCTV, nampak penjaga parkir juga terlihat mengarahkan parkir di halaman masjid. Di situ juga nampak jamaah lain yang baru saja datang dan sempat berpapasan dengan pelaku. Namun saat itu, pelaku masih tetap saja tenang dan santai hingga tidak ada yang curiga jika pelaku merupakan maling helm, sampai akhirnya pelaku bisa kabur jalan kaki membawa helm korban.

Baca Juga : Suami di Sumenep Bacok Pria Tanpa Busana Keluar dari Kamar Istrinya

 

"Orangnya (pelaku pencurian helm) jalan kaki. Kemungkinan (dugaan) orang sana,"  terang korban.

Mengenai ciri-ciri pelaku, dikatakan korban memiliki tanda seperti botak di atas kepalanya dan memiliki postur tubuh kurus. Saat beraksi, dari rekaman CCTV pelaku nampak mengenakan kaos bercorak dengan celana jeans.

"Kalau untuk kerugian, sekitar Rp 650 ribu. Baru pertama kali (kehilangan). Makanya saya kapok sudah ninggalin helm di masjid. Jadi lain kali mungkin saya bawa saja. Kalau mungkin ada teman mas warga Gadang yang melihat ciri-ciri kayak pencuri tersebut, bisa kabarin saya," pungkasnya.