Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Wali Kota Madiun Maidi Luncurkan Inovasi Sepeda si Badu, Apa Itu?

Penulis : Dodik Eko Prasetyo - Editor : Nurlayla Ratri

26 - Aug - 2020, 16:34

Placeholder
Wali Kota Madiun saat menyampaikan Inovasi Sepeda si Badu secara virtual.

Setelah Kota Madiun berhasil masuk dalam Top 45 dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) Jawa Timur 2020, kini inovasi baru kembali dihadirkan. 

Wali Kota Madiun H Maidi kembali meluncurkan inovasi baru yang diberi nama Sepeda si Badu. Nama ini merupakan kependekan dari program Segera Periksa Dahak, Siapapun Batuk Dua Minggu. 

Baca Juga : Lakukan Safari, Wali Kota dan Wawali Kota Malang Datangi Tempat Ibadah

Untuk itu, Maidi mempresentasikan secara langsung inovasi tersebut di hadapan para dewan juri secara virtual di ruang 1 Balai Kota Madiun, Rabu (26/8/2020) siang. 

Presentasi tersebut dilakukan Maidi di hadapan dewan juri yang terdiri atas guru Besar Fisipol UNAIR Prof. Jusuf Irianto, Direktur The Jawa Pos Institute of Pro Otonomi Dr. Rohman Budianto, Adviser Program Transformasi- GIZ wilayah Jatim Refhi Setiadi, Provincial Coordinator Kinerja-ADB east Java Dina limanto, dan responsive Governance KOMPAK east Java Didik Purwondanu.

Di depan para juri, Maidi menjelaskan bahwa Inovasi Sepeda si Badu merupakan upaya Pemkot Madiun untuk memerangi penyebaran TBC di wilayah Kota Madiun. 

"Berupa fasilitas dari Puskesmas Demangan untuk memberikan layanan jemput bola kepada masyarakat yang membutuhkan pemeriksaan TBC," tuturnya.

Petugas juga akan dilengkapi sepeda motor agar siap siaga dalam membantu warga yang membutuhkan layanan antar jemput pemeriksaan TBC. 

Baca Juga : Apresiasi Petani Berprestasi, Bupati Jember Beri Penghargaan

“Fokus penanganan adalah pasien lanjut usia (lansia) yang tinggal sendiri dan masyarakat yang belum mengerti pentingnya memeriksakan diri saat mengalami batuk berdahak lebih dari dua pekan,” terangnya.

Agar tidak tertular, petugas akan menggunakan pelindung diri. Selain itu, Puskesmas juga menggandeng kader-kader TBC di lingkungan masing-masing.

Para juri mengapresiasi paparan Sepeda si Badu yang disampaikan oleh Maidi tersebut. Salah satunya guru besar Fisipol UNAIR Prof. Jusuf Irianto.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Dodik Eko Prasetyo

Editor

Nurlayla Ratri