Wisatawan saat berwisata di Museum Angkut. (Foto:Irsya Richa/MalangTIMES)
Wisatawan saat berwisata di Museum Angkut. (Foto:Irsya Richa/MalangTIMES)

Sejak dibukanya kembali dunia pariwisata dengan protokol kesehatan di Kota Batu pada Juli lalu, rupanya jumlah kunjungan wisawatan cukup lumayan. Tercatat, jumlah kunjungan hingga saat ini mencapai 30 ribu wisatawan yang ke Kota Batu.

Jumlah itu cukup lumayan, seiring dengan hampir dibukanya seluruh wisata di Kota Batu. Bahkan, Dinas Pariwisata optimis hingga akhir tahun mendatang minimal bisa mendatangkan 2 juta pengunjung.

Baca Juga : Long Weekend, Jumlah Wisatawan ke Kota Batu Meningkat 

 

“Sejak dibuka sampai dengan sekarang, sudah berkisar 30 ribu wisatawan yang datang berwisata ke Kota Batu. Harapannya minimal bisa 2 juta pengunjung sampai akhir tahun mendatang,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.

Ia menambahkan, dengan dibukanya sektor itu memang menbuat perekonomian kembali bangkit di Kota Batu. Terlebih pada tahun 2019 silam, penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata mencapai 60 persen.

“Sebelumnya PAD dari sektor pariwisata mencapai Rp 130 miliar. Karena itu tentunya kami akan berupaya untuk menjaga ritme bagaimana perekonomian berangsur pulih, demikian juga PAD,” ucapnya.

Upaya yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kota Batu ini dengan menyiapkan sarana dan prasarana termasuk edukasi protokol kesehatan. Hingga sejumlah promosi juga dilakukan untuk menarik wisatawan datang ke Kota Batu.

Seperti menyiapkan dukungan dan memfasilitasi terhadap pelaku usaha. Termasuk beberapa fasilitas untuk mendukung protokol kesehatan, dan sebagainya.

Baca Juga : Ke Tempat Wisata dan Penginapan, Kapolres Temukan Wisatawan Tak Pakai Masker dengan Tepat 

 

Bahkan Dinas Pariwisata tidak tanggung-tanggung menggelontorkan anggaran tinggi untuk membantu promosi wisata Kota Batu. “Berupaya semaksimal mungkin supaya wisatawan ke Kota Batu. Sehinga kami menyiapkan anggaran besar untuk ini,” tutup warga Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu ini.

Sementara itu kunjungan pada triwulan pertama tahun 2020 pada bulan Januari hingga Maret, mencapai 962.341 ribu wisatawan. Karena itu disisa beberapa bulan ini Pemkot Batu optimis bisa mencapai jumlah kunjungan minimal 2 juta.