Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian secara simbolis dalam penyerahan piagam penghargaan Muri. (Anggara Sudiongko/Malangtimes)
Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian secara simbolis dalam penyerahan piagam penghargaan Muri. (Anggara Sudiongko/Malangtimes)

Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri), Selasa, (28/7/2020). Penghargaan yang diraih Unikama tersebut atas rekor terkait kegiatan webinar dengan pembicara alumni terbanyak dari satu perguruan tinggi.

Pemberian piagam penghargaan tersebut dilakukan secara daring melalui live zoom yang diikuti langsung oleh pendiri Muri Jaya Suprana. Dalam kegiatan tersebut, juga diserahkan secara simbolis piagam penghargaan dari Muri.

Rektor Unikama Dr Pieter Sahertian menjelaskan, sebelumnya Unikama melalui ikatan alumninya menggelar kegiatan Diskusi Online (DiskOn) Series Bareng 55 Alumni. Kegiatan tersebut digelar mulai 20 Juli hingga 26 Juli 2020.

Baca Juga : SDN di Tulungagung Lakukan Pembelajaran Home Visiting, Dua Kali Seminggu

Kegiatan ini sebenarnya bukan semata dilakukan untuk mendapatkan rekor Muri, melainkan untuk terus bisa menjalin komunikasi antar-alumni sembari saling berbagi pengalaman. "Alumni yang ingin dilibatkan sebenarnya banyak. Namun karena memang untuk kelancaran, akhirnya kami batasi sebanyak 55 orang alumni," ungkapnya.

Ke-55 orang alumni tersebut saat ini telah banyak yang bekerja di berbagai daerah maupun menempuh pendidikan lanjutan ke luar negeri seperti Amerika, Jepang, China. Bahkan, ada juga yang telah bekerja di Arab Saudi.

"Mereka jadi pembicara dalam webinar ada sekitar tujuh tema dan berbeda-beda. Dilaksanakan selama enam hari. Kegiatan seperti ini akan kami lakukan secara rutin supaya masukan-masukan dari alumni itu sangat bermanfaat bagi pengembangan program kurikulum," beber Pieter.

Tema dalam diskusi sendiri yakni Pendidikan Tanpa Tembok, Paradigma Baru Pembelajaran di Era New Normal, Penguatan Karakter Bangsa untuk Indonesia Maju, Tantangan Mengelola Bisnis di Era Pandemi, Kiat Sukses Tembus Beasiswa, Good Government: Antara Harapan dan Kenyataan, Mempersiapkan Diri untuk Meraih Karir Impian, dan terakhir Tetap Berprestasi di Era Pandemi.

Sementara itu, Charles Ariska -salah satu alumni Unikama asal NTT, yang saat ini menjadi PNS dan kepala sekolah sebuah sekolah negeri-mengatakan,  perkembangan kampus seperti saat ini juga tak lepas dari peran dari teman-teman alumni. Pihaknya juga semakin bangga jika saat ini digelarnya DiskOn dengan melibatkan alumni.

Baca Juga : Rektor UIN Malang Beber Hubungan Kurban, Halal, dan Perilaku Seseorang

" Kami senang bisa bernostalgia dan bisa berbagi pengetahuan, saling sharing pengalaman baik di dunia pendidikan ataupun bisnis, yang itu dapat menambah pengetahuan baru," ucapnya.