Wali Kota Malang Sutiaji (dua dari kiri) saat memimpin rakor dengan seluruh perbankan di Kota Malang, Senin (27/7). (Foto: Humas Pemkot Malang).
Wali Kota Malang Sutiaji (dua dari kiri) saat memimpin rakor dengan seluruh perbankan di Kota Malang, Senin (27/7). (Foto: Humas Pemkot Malang).

Pertumbuhan perekonomian di masa pandemi covid-19 memang menjadi salah satu yang disoroti oleh pemerintah pusat hingga daerah.

Tak dapat dipungkiri, Kota Malang menjadi salah satu daerah yang kena imbasnya. Karena itu, untuk kembali memaksimalkan angka pertumbuhan perekonomian, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal bentuk satgas recovery ekonomi.

Baca Juga : Cantiknya Ecoprint Baju Bekas Karya Perajin di Kota Malang Ini, Unik dan Ramah Lingkungan

Hal itu dijelaskan Wali Kota Malang Sutiaji usai menggelar rapar koordinasi (rakor) dengan seluruh perbankan di Kota Malang. Rakor berlangsung di Balai Kota Malang, Senin (27/7/2020).

"Hari ini rakor ya, dengan perbankan, PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) Malang, UMKM (usaha mikro kecil menengah). Kami akan membentuk satgas recovery ekonomi," ujarnya.

Pembentukan satgas ini sebagai salah satu upaya untuk memulihkan perekonomian di Kota Malang. Apalagi, semenjak kemunculan covid-19 pada Maret 2020 lalu, hingga saat ini kondisi perekonomian  masih dinilai belum stabil.

"Bagaimana nanti (satgas recovery ekonomi) ini untuk pemulihan perekonomian kita. Sekarang ya mesti belum stabil," imbuhnya.

Meski belum ditentukan, Sutiaji menyebut pembentukan satgas recovery ekonomi itu bakal segera dilakukan. Dengan begitu, nanti akan ada pemetaan sektor mana saja yang siap mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kota Malang.

Apalagi saat ini target pertumbuban ekonomi nasional ditargetkan mampu mencapai angka 1 hingga 2 persen. "Kami lihat nanti restrukturisasinya, sektor-sektor mana yang harus dibangkitkan. Nanti itu setelah ada satuan tugas, kami masih perlu analis. Habis ini dibentuk dalam waktu dekat (satgas recovery ekonomi)," tandasnya.

Baca Juga : Pupuk Kaltim Salurkan 160.173,8 Ton Pupuk Urea Subsidi untuk Jatim

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Malang Azka Subhan Amunirridho menanggapi perihak penbentukan satgas recovery ekonomi sebagai salah satu upaya untuk kembali memperluas sektor perekonomian khususnya di Kota Malang.

Nantinya, yang terlibat di dalamnya merupakan seluruh pelaku ekonomi di Kota Malang. "Satgas itu nanti mintanya dari BI ada, OJK juga ada dan yang lainnya. Istilahnya kalau kita menyebut itu pentahelix," paparnya.

Berkaitan dengan sektor mana saja yang akan disasar, menurut Azka, di Kota Malang banyak bidang jasa. Sektor pariwisata salah satu yang bakal menjadi bidikan itu.

"Kota Malang karena kotanya banyak jasa, seperti jasa pariwisata, itu salah satunya. Lainnya, bisa ke perhotelan, travel yang memang itu kena dampak cukup luas," pungkasnya.