Kepala Dishub Kabupaten Malang  Hafi Lutfi (kiri) saat di lokasi fogging gratis kendaraan yang akan uji kir di kantor UPT PKB Talangagung, Kepanjen, Jumat (24/7) (dd Nana)
Kepala Dishub Kabupaten Malang Hafi Lutfi (kiri) saat di lokasi fogging gratis kendaraan yang akan uji kir di kantor UPT PKB Talangagung, Kepanjen, Jumat (24/7) (dd Nana)

Kembali, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Malang menggelar kegiatan dalam upaya mencegah penyebaran virus Covid-19.

Setelah pembagian masker sejumlah 3 ribu helai ke para jukir, pedagang kuliner di terminal dan rest area, serta pengendara. Pun pemasangan chamber, tempat cuci tangan di 36 titik, traffic sound, serta pembuatan tanda atau marka jalan di 16 titik. Kini, Dishub Kabupaten Malang menggelar fogging atau pengasapan gratis kepada pemilik kendaraan yang melakukan uji kir.

Baca Juga : KPU Sumenep Habiskan Dana Rp 375 Juta untuk Biaya Rapid Test PPDP

Fogging gratis tersebut direncanakan menyasar 150 kendaraan yang antri untuk uji kir di kantor UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Talangagung, Kepanjen, Jumat (24/7/2020).

Kepala Dishub Kabupaten Malang Hafi Lutfi menyampaikan, fogging gratis yang digelarnya melibatkan pihak Toyota Kartika Sari Malang. Serta ditujukan untuk meminimalisir penyebaran virus Covid-19, khususnya bagi para pemilik kendaraan yang melakukan uji kir.

"Fogging kendaraan di UPT PKB memang dalam upaya pencegahan Covid-19. Ini merupakan yang pertama kita lakukan dan pertama di lingkup Pemkab Malang," ucap mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jumat (24/7/2020) di lokasi Fogging.

Lutfi yang didampingi Kepala UPT PKB Dishub Kabupaten Malang Tutuk Handayani, melanjutkan, fogging yang dilakukan bersama tim Toyota Kartika Sari Malang, direncanakan berkelanjutan. Di mana orang nomor satu di Dishub Kabupaten Malang ini berharap fogging bisa dilakukan 2-3 kali dalam sepekan.

Sekitar 150 kendaraan yang akan uji kir diasap oleh Dishub Kabupaten Malang bersama Toyota Kartika Sari Malang (dd Nana)

"Ini harapan saya, karena di Kabupaten Malang ada sekitar 53 ribu kendaraan wajib uji kir," ujarnya.

Harapan lainnya, lanjut Lutfi, dengan adanya fogging gratis ini juga bisa membantu para pemilik kendaraan. Sehingga mereka tak perlu repot-repot melakukan pengasapan kendaraannya sendiri dan tentunya berbayar.

"Jadi kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Selain kewajiban uji kir untuk kelaikan jalan kendaraan juga dapat fogging gratis untuk meminimalisir adanya bakteri dan virus," imbuhnya.

Baca Juga : Kemacetan Masih Terjadi, Dewan Sebut Angkot Online di Kota Malang Tak Efektif

Di kesempatan yang sama, Franky Hary Prasetyo Ambasador/Marketing Toyota Kartika Sari, menyampaikan, bahwa fogging kendaraan yang melakukan uji kir di Talangagung merupakan yang pertama di wilayah Kabupaten Malang. Dirinya juga menyampaikan, terkait harapan fogging gratis berkelanjutan di UPT PKB Dishub, akan ditindaklanjutinya.

"Kegiatan fogging gratis adalah bagian kepedulian kita dalam pencegahan Covid-19," ujarnya.

Dirinya juga menyampaikan, melalui fogging bersama Dishub Kabupaten Malang, bisa menjadi alat cegah penyebaran berbagai macam bakteri maupun virus yang ada di kendaraan. "Bahan fogging yang diracik tim mekanik kami bisa membunuh 80 persen bakteri dan virus. Untuk pengasapan satu kendaraan hanya butuh 3 hingga 5 menit saja," terangnya.

Di lokasi, para petugas secara terampil melakukan pengasapan ke setiap kendaraan yang akan uji kir. Di mana, pengasapan dilakukan dengan alat tertentu dan dimasukan ke dalam kendaraan. Asap putih pun mengepul dan memenuhi kendaraan yang ditutup rapat selama 3-5 menit.

"Asap ini nantinya menyebar ke seluruh mesin kedaraan dan membunuh bakteri atau virus yang menempel. Ini bisa bertahan lama bila kondisi kendaraan tertutup saat dioperasikan," tandas Franky.