Ilustrasi. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi. (Foto: Istimewa).

Penambahan pasien positif Covid-19 di Kota Malang kembali melonjak setelah sehari sebelumnya sempat melandai tanpa ada penambahan kasus. Pada Senin (20/7/2020), data dari Gugus Satgas Covid-19 Kota Malang mencatat ada penambahan sebanyak 19 kasus baru. Kini total warga Kota Malang yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 menembus angka 406.

"Dengan penambahan itu, total terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Malang saat ini menjadi 406," ujar Kabag Humas Pemkot Malang, Nur Widianto.

Baca Juga : Kontroversi Anji Manji vs PFI Terkait Viralnya Foto Jenazah Covid-19 di Media Sosial

Dari penambahan kasus baru tersebut, penyumbang terbanyak dari wilayah Kecamatan Kedungkandang dan Kecamatan Lowokwaru. Lima orang dari wilayah Kecamatan Kedungkandang 4 di antaranya merupakan PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Yakni, laki-laki berusia 21 tahun, perempuan berusia 71 dan 56 tahun. Lalu kategori OTG (Orang Tanpa Gejala) merupakan perempuan berusia 20 tahun dan seorang laki-laki berusia 19 tahun.

Kemudian, lima warga dari Kecamatan Lowokwaru mayoritas memiliki riwayat PDP. Laki-laki berusia 36, 47, 44, dan 61 tahun. "Satu warga masih menunggu pendataan," imbuhnya.

Selanjutnya, 2 kasus baru merupakan warga Kecamatan Blimbing yaitu perempuan berusia 59 tahun dengan riwayat PDP dan perempuan 50 tahun riwayat OTG.

Empat warga tercatat dari Kecamatan Klojen, yakni perempuan berusia 65 tahun yang sebelumnya juga berstatus PDP, usia 53 tahun dengan status OTG, dan usia 42 tahun. Sedangkan satu warga masih dalam pendataan.

"Dua warga lainnya yakni perempuan berusia 71 tahun dan seorang lagi berstatus PDP sebelumnya usia 35 tahun. Lalu, satu lagi warga Tegaron perempuan usai 58 tahun," terangnya.

Baca Juga : Berdandan Ayu, Penyanyi Dangdut Demo Bupati, Tuntut New Normal Life

Dari total penambahan kasus positif Covid-19 yang baru kali ini didominasi peningkatan status dari PDP. Sampai saat ini, pasien yang telah sembuh berjumlah 107, sedangkan yang dinyatakan meninggal dunia juga bertambah 2 menjadi 31 orang.

Sementara itu, untuk kategori PDP di Kota Malang hingga hari ini mencapai 547 orang. Dengan rincian 52 dinyatakan meninggal dunia, 208 orang selesai masa perawatan, dan 287 orang dalam masa perawatan.

Sedangkan data lain, tercatat ada 4.476 Orang Dengan Risiko (ODR), 1.309 Orang Tanpa Gejala (OTG), serta 1.070 Orang Dalam Pantauan (ODP).