Stadion Kanjuruhan saat digunakan pertandingan beberapa waktu lalu (Hendra Saputra)
Stadion Kanjuruhan saat digunakan pertandingan beberapa waktu lalu (Hendra Saputra)

Kembalinya kompetisi Liga 1 2020 juga membuat sejumlah aturan baru yang salah satunya juga terpusat nya pertandingan di Pulau Jawa.

Dengan aturan tersebut, enam klub dari luar Pulau Jawa dipastikan akan ber-home base di Yogyakarta. Mereka adalah Persipura Jayapura, Persiraja Banda Aceh, Borneo FC, PSM Makassar dan Bali United.

Baca Juga : Liga 1 Tanpa Penonto, Kapten Tim Arema FC: Mungkin Itu yang Terbaik

Meski banyak yang ingin berpusat di Yogyakarta, Arema FC tetap yakin bisa menggelar pertandingan di Stadion Kanjuruhan meski dengan harapan angka Covid-19 di Malang Raya segera mereda.

"Saat virtual meeting bersama PT LIB, kami sampaikan bahwa tetap akan bermain di Stadion Kanjuruhan. Kami yakin bisa menggelar pertandingan di Malang," ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Dengan banyaknya klub yang bermarkas di Yogyakarta dan sekitarnya, Ruddy menyebut bahwa pertandingan nantinya akan berjalan seperti Liga Inggris, karena hanya akan menggunakan transportasi darat.

"Karena banyak di Yogyakarta, mungkin kayak di Eropa. Jadi perjalanannya hanya naik bis," ucap Ruddy.

Baca Juga : Regulasi U-20 Masih Wacana, Arema FC: Kami Belum Terima Draft Regulasi

Selain itu secara semangat tim, Ruddy menyebut bahwa timnya akan bermain lebih bagus karena menggunakan Stadion Kanjuruhan sebagai kandang. "Pemain juga semangat dan percaya diri karena bermain di stadion sendiri," tegasnya.