04/12/2022 Fisipol dan LPPM UNISBA Blitar gelar Webinar Tangkal Hoaks, Ujaran Kebencian dan Intoleransi melalui Media | Jatim TIMES

Fisipol dan LPPM UNISBA Blitar gelar Webinar Tangkal Hoaks, Ujaran Kebencian dan Intoleransi melalui Media

Jul 19, 2020 11:21
Webinar Tangkal Hoaks, Ujaran Kebencian dan Intoleransi melalui Media digelar Fisipol dan LPPM Unisba Blitar
Webinar Tangkal Hoaks, Ujaran Kebencian dan Intoleransi melalui Media digelar Fisipol dan LPPM Unisba Blitar

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Nurlayla Ratri

Saat pandemi, aktivitas masyarakat di luar rumah dibatasi sehingga masyarakat makin bergantung pada media untuk mendapatkan informasi. Sayangnya informasi melalui media tidak lepas dari ancaman pesan-pesan hoaks, ujaran kebencian dan intoleransi. Hal ini  mengkhawatirkan mengingat tingkat literasi masyarakat Indonesia pada umumnya masih rendah. 

Upaya sosialisasi dan literasi media karenanya dipandang sebagai hal krusial yang harus dilakukan. Alasan inilah yang mendorong dosen Ilmu Komunikasi  Unversitas Islam Balitar (Unisba) Blitar menggandeng Dinas Kominfo Kabupaten Blitar dan mahasiswa Ilmu Komunikasi yang sedang menempuh mata kuliah Management Event menggelar seminar bertajuk Tangkal Hoaks, Ujaran Kebencian dan Intoleransi Melalui Media. 

Baca Juga : Webinar Pascasarjana UIN Malang Bahas Keterlibatan Perempuan dalam Gerakan Radikalisme

 

Kegiatan ini sekaligus merupakan perwujudan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi akademisi yaitu pengabdian kepada masyarakat. Seminar dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pasa Senin (20/7/2020) disiarkan langsung dari studio Ilmu Komunikasi UNISBA Blitar. Acara  dimulai tepat pada pukul 10.00 wib dan secara resmi dibuka oleh Dekan Fisipol Unisba Drs Heri Basuki  MM. 

Webinar berdurasi 2 jam ini menghadirkan dua  narasumber utama yaitu Eko Susanto, ST, M.Si., Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Blitar, dan Endah Siswati, S.I.P., M.S.W., dosen Ilmu Komunikasi Unisba Blitar alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang sekaligus adalah kandidat doktor ilmu sosial  Universitas Airlangga Surabaya. Bertindak sebagai moderator adalah Kaprodi Ilmu Komunikasi Unisba, Yefi Dian Nofa Harumike, S.I.Kom, M.I.Kom. yang merupakan alumnus  terbaik Unisba Blitar angkatan 2012 yang berhasil mendapatkan beasiswa Magister di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Webinar diikuti oleh peserta dari berbagai institusi dan universitas di Indonesia baik negeri maupun swasta. Berbeda dengan webinar pada umumnya, webinar ini meminta  calon peserta mengisi kuesioner terlebih dahulu pada saat pendaftaran.

“Ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta tentang realitas media di Indonesia sebelum mengikuti webinar. Pada akhir acara penyelenggara  meminta peserta mengisi kembali kuesioner yang sama untuk mengetahui tingkat resepsi peserta atas materi literasi yang disampaikan narasumber,” ungkap Dosen Ilmu Komunikasi Unisba Blitar, Endah Siswati melalui pres rilis yang dikirim kepada BlitarTIMES, Minggu (19/7/2020). 

Baca Juga : Bangunan Menara UIN Malang Diberi Nama Rektor Pertama Imam Suprayogo

 

Webinar ini diharapkan mampu membuat masyarakat makin waspada dan bijak menyikapi konstruksi realitas media di Indonesia. 

“Melalui webinar ini peserta  diharapkan memiliki pemikiran yang kritis dan terbuka terhadap pemberitaan dan informasi yang didapatkan melalui media. Dengan demikian, ancaman dan resiko dari informasi hoaks, ujaran kebencian dan pesan intoleran dapat diminimalisir dan ditanggulangi,” pungkasnya.(*)

Judul berita Fisipol dan LPPM UNISBA Blitar gelar Webinar Tangkal Hoaks, Ujaran Kebencian dan Intoleransi melalui Media.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Unisba Blitar Webinar Tangkal Hoaks

Berita Lainnya