Skuat Arema FC ketika menjalani training center sebelum kompetisi Liga 1 2020 (official Arema FC)
Skuat Arema FC ketika menjalani training center sebelum kompetisi Liga 1 2020 (official Arema FC)

Manajemen Arema FC memberi kebebasan kepada para pemainnya untuk menyetujui atau tidak perihal renegosiasi besaran nilai kontrak yang diberikan. Mengingat kompetisi Liga 1 2020 kemungkinan akan terselenggara pada Oktober mendatang.

Bagi para pesepakbola profesional, tentu akan menjadi hal yang cukup membingungkan mengingat renegoisasi kontrak harus dilakukan dengan merelakan gaji mereka dipotong sekian persen akibat peraturan FIFA dan PSSI setelah muncul kepastian kompetisi Liga 1 2020 akan segera digelar kembali.

Baca Juga : Kabar Porprov VII 2021 Mundur, KONI Kota Malang Tunggu SK Baru

Di sisi lain, pesepakbola profesional juga ingin segera memulai kehidupannya sebagai pemain sepak bola karena sudah hampir 5 bulan akibat pandemi Covid-19 ini kompetisi terhenti.

Sementara itu, manajemen Arema FC sudah mulai renegoisasi kontrak dengan pemainnya dan berpatokan pada peraturan FIFA dan PSSI yakni jika gaji pemain selama kompetisi dilanjutkan pada masa pandemi virus Covid-19 sebesar 50 persen dari nilai kontrak sebelumnya.

"Manajemen berpatokan pada surat PSSI sebagai dasar kita melakukan negosiasi dengan pemain. Jika di bawah nilai itu ya Alhamdulillah dan hal itu sudah saya jelaskan ke pemain. Surat dari FIFA negosiasi dilakukan tiga kali jika tidak menemui kata sepakat maka boleh pending," ungkap General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Manager asal Madiun itupun tidak mengekang pemainnya untuk setuju dengan besaran nilai kontrak baru yang akan disepakati. Hal itu karena sudah menjadi keputusan individu antar pemain.

"Kalau pemain tidak setuju, ya tidak masalah berarti mereka tidak ikut latihan. Sementara pelatih kemarin memberitahu saya kalau dia telah memberikan batas waktu. Kapan pemain harus kembali untuk mengikuti latihan dan kalau tidak datang, ya tidak masalah," jelas Ruddy.

Baca Juga : Hemat Biaya, Arema FC Dukung Rencana Liga 1 2020 Dipusatkan di Jawa

Tambah Ruddy, saat ini pelatih Arema FC, Mario Gomez telah memiliki tenggat waktu kepada para pemain Arema FC agar segera kembali ke Malang dan mengikuti agenda latihan tim.

Seperti diketahui, waktu Arema FC hanya sekitar 1,5 bulan untuk melakukan persiapan sebelum turun di kompetisi Liga 1 2020 Oktober mendatang.