BRI Kanwil Malang Jalan Martadinata 80 (Hendra Saputra)
BRI Kanwil Malang Jalan Martadinata 80 (Hendra Saputra)

Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Wilayah (Kanwil) Malang Jalan Martadinata 80 belum terbuka terkait karyawan yang terpapar Covid-19. Padahal, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 sudah berupaya penuh untuk mencari orang terpapar wabah yang bermula dari Wuhan, China itu.

Selasa (7/7/2020) beredar informasi dari pesan WhatsApp bahwa sebanyak 30 karyawan BRI Kanwil Malang dikabarkan telah terpapar Covid-19. Sebelumnya, wartawan juga sudah mendatangi kantor BRI Kanwil Malang untuk menemui jajaran manajemen. Namun, belum bisa ditemui karena sedang menggelar rapat. 

Baca Juga : Beredar Kabar 30 Karyawannya Positif Covid, Ini Kondisi BRI Kanwil Malang

Namun setelah dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, salah satu karyawan BRI Kanwil Malang yang bernama Santoso belum terbuka. Hal itu terlihat dari pesan WhatsApp dikirim wartawan MalangTIMES untuk menanyakan apakah konferensi pers yang dijanjikan oleh BRI Kanwil Malang pada pukul 15.15 WIB.

Namun ternyata konferensi pers yang dijanjikan tersebut tidak jadi dilaksanakan dan digantikan dengan press release. "Mas, ralat. Diganti press release," tulis Santoso melalui pesan WhatsApp.

Setelah wartawan MalangTIMES mempelajari press release yang dikirimkan ternyata bukan membahas tentang karyawan yang terpapar Covid-19 tersebut. Melainkan langkah atau antisipasi BRI Kanwil Malang terkait pencegahan di lingkungan kantornya.

Dan ketika wartawan MalangTIMES mencoba mengkonfirmasi kebenaran adanya karyawan dari BRI Kanwil Malang yang positif terpapar Covid-19 itu, Santoso pun tidak menjawab pesan WhatsApp yang terkirim pukul 15.18 WIB.

Di sisi lain, Pemkot Malang juga telah mengkonfirmasi kepada BRI Kanwil Malang dan memang sebelumnya ada salah satu PDP (Pasien Dalam Pengawasan) yang dinyatakan meninggal dunia. Hasil swab baru pasien tersebut diketahui positif Covid-19.

Setelah diketahui positif, pihak BRI melakukan swab terhadap keseluruhan karyawan di wilayah Kanwil Malang saja secara bertahap, total yang telah dites sejumlah 200 karyawan.

Baca Juga : 30 Karyawan Belum Terkonfirmasi, 1 Karyawan BRI Malang Meninggal Dunia Berstatus PDP

Di tahap pertama, dilakukan tes swab terhadap 80 karyawan, dan diketahui ada satu pasien yang dinyatakan positif Covid-19 dengan status OTG (Orang Tanpa Gejala).

Kemudian, dilakukan tes lagi sampai tahap 2 sejumlah 120 orang. Namun, untuk tahap kedua ini belum diketahui hasilnya.

"Semua yang 80 tadi ada 1 yang positif tapi OTG. Sudah di-tracing menurut sana dan dipantau oleh tenaga medis. Hasilnya, sebagaimana yang diketahui memang ada BRI yang terkena, itu dari wilayah Kanwil saja bukan masuk dari pelayanan. Yang tahap ke dua belum keluar hasilnya," kata Wali Kota Malang, Drs. Sutiaji.