Kasdim 0825 Banyuwangi menerima piagam dari DPC LAN Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Kasdim 0825 Banyuwangi menerima piagam dari DPC LAN Banyuwangi (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

Pimpinan dan anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 0825 Banyuwangi mendukung gerakan anti narkoba. Salah satu bentuk dukungan adalah dengan menerima kunjungan DPC Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kabupaten Banyuwangi dalam Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 26 Juni 2020.

Kasdim 0825 Banyuwangi Mayor Inf Herawady Karnawan, saat menyambut kunjungan pengurus LAN Banyuwangi di Makodim  Banyuwangi mengungkapkan, upaya pencegahan dan penanggulangan peredaran narkoba  di Indonesia merupakan tanggung jawab dan kewajiban bersama dari semua  elemen masyarakat.

Baca Juga : Ingin Santri Sehat, Gubernur Khofifah Bagikan Masker dan Vitamin C

Menurut anggota TNI asal Sulawesi itu dalam suasana keprihatinan nasional yang disebabkan pandemi wabah Covid-19 saat ini rentan bagi kemungkinan terjadinya gangguan dalam bidang idiologi politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan (Ipoleksubudhankam) bangsa dan negara Indonesia. 

Apalagi dalam tahun politik seperti saat ini, tentunya butuh sinergitas dari semua elemen dalam menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif agar pesta demokrasi lima tahunan bisa berlangsung dengan aman lancar dan sukses.

Melihat perkembangan situasi dan kondisi yang ada saat ini, peredaran narkoba merupakan salah satu ancaman yang serius bagi keamanan dan ketahanan masyarakat utama generasi muda sebagai calon pemimpin bangsa  yang akan datang.

Sehingga membutuhkan kepedulian dan sinergitas pemerintah dengan instansi vertikal, tokoh agama, tokoh masyarakat, orangtua, guru/pendidik dan penggiat anti narkoba dalam upaya mencegah dan menanggulangi peredaran narkoba di masyarakat.

"Peredaran  narkoba harus diawasi bersama sama. Kita memberikan  edukasi yang baik khususnya pada generasi muda Banyuwangi. Selain itu butuh dukungan dan peran aktif dalam melakukan kontrol dan pengawasan dari orang tua, guru dan seluruh masyarakat. Jangan sampai generasi muda bangsa rusak oleh narkoba,” tegas  Kasdim Banyuwangi.

Dalam  Memperingati Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 26 juni 202 , Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Lembaga Anti Narkoba (LAN) Kabupaten Banyuwangi melakukan road show  ke beberapa Instansi pemerintah maupun swasta di Kabupaten Banyuwangi.

Adapun instansi yang dikunjungi antara lain DPRD Banyuwangi, Komando Distrik Militer 0825, Polresta, dan Lembaga pendidikan Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi serta berbagai instansi terkait yang lain.

Baca Juga : Bupati Rijanto Launching Ponpes Tangguh di Pesantren Mambaus Sholihin 2

Adapun maksud dan tujuan DPC LAN Banyuwangi melakukan raod show antara lain mengajak seluruh elemen masyarakat bahu membahu dalam melakukan kontrol dan mengawasi peredaran narkoba yang kian masif khususnya pada kalangan pelajar atau mahasiswa. Mereka merupakan kelompok yang  rentan untuk terkontaminasi peredaran narkoba baik sebagai pengguna maupun sebagai pengedar.

DPC LAN Banyuwangi akan terus berupaya membuat formula edukasi yang mudah dimengerti dan dipahami serta bisa menjadi pedoman penting bagi para pihak dalam menghadapi ancaman peredaran narkoba demi menyelamatkan generasi muda harapan bangsa.

"Hal ini harus ada kebersamaan dan sinergitas antara elemen masyarakat dan lembaga pemerintah maupun swasta yang terkait. Melihat peredaran yang semakin hari semakin masif  tentunya harus ada kontrol dan pengawasan secara bersama sama agar kejahatan narkoba  secara perlahan semakin berkurang," ujar Hijrotul Hady, Ketua DPC LAN  Banyuwangi.