Samsul Arifin, Sekretaris DPC PPP Kabupaten Banyuwangi, (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)
Samsul Arifin, Sekretaris DPC PPP Kabupaten Banyuwangi, (Nurhadi Banyuwangi Jatim Times)

Pilkada serentak tahun 2020 mulai kembali menggeliat diberbagai daerah. Mesin partai politik pun telah bergerak untuk memanaskan perhelatan demokrasi lima tahunan ini.

Tak terkecuali Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Banyuwangi. Di mana melalui Dewan Pengurus Cabang (DPC) PPP telah menjaring 7 nama bakal calon (balon) Bupati Banyuwangi dalam acara Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) yang digelar di Hotel Illira Banyuwangi Minggu (28/6/2020).

Baca Juga : 794 PPS Se-Jember Ikuti Rapid Test, Yang Reaktif Akan Diganti

 

Menurut Samsul Arifin, Sekretaris DPC PPP Banyuwangi, 7 nama tersebut selanjutnya akan disaring menjadi 3 nama balon bupati. Serta nantinya akan diusulkan kepada Dewan Pimpinan Pusat (DPP) melalui Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PPP Provinsi Jawa Timur (Jatim).

7 balon bupati yang telah menyampaikan visi misi di hadapan pengurus DPW, DPC dan Pimpinan Anak Cabang (PAC) PPP Banyuwangi dalam acara Rapimcab itu adalah H Yusuf Widyatmoko, dr Taufik Hidayat, Purnomo, Teddy Anugerahyanto, Azam Aznam W., Bunda Ratu Satiyem dan Gus Yazid.

Samsul melanjutkan, Rapimcab PPP Kabupaten Banyuwangi semula dijadwalkan pada 5 April 2020. Tapi karena ada wabah Covid-19 maka ditunda dan digelar minggu terakhir Juni yang merupakan jadwal penjaringan terakhir cabup  PPP Kabupaten/Kota di Jatim.

"Tahapan berikutnya kami akan membahas dalam rapat pengurus DPC, Desk Pilkada dan pengurus PAC PPP se Banyuwangi untuk mengusulkan 3 nama seperti ketentuan dari DPP, "imbuh politisi asal Kecamatan Kalibaru ini.

Lebih lanjut Samsul menuturkan, sejauh ini partai berlambang Ka'bah tersebut terus melakukan komunikasi dengan Partai Gerindra dan PKS Banyuwangi yang memunculkan koalisi "Banyuwangi Mumbul Maning ", yang dilaunching beberapa waktu lalu.

Baca Juga : Didik Budi dan Umar Usman Berebut Rekom PKB untuk Kursi Cabup, Siapa yang Menang?

 

Selain itu PPP juga menjalin komunikasi dengan Partai Demokrat Banyuwangi. Karena secara kalkulasi politik jumlah raihan kursi di lembaga mencukupi syarat minimal dan mampu mengusung pasangan bupati/wakil bupati dalam kontestasi politik pasca Bupati Abdullah Azwar Anas menuntaskan jabatan untuk periode yang kedua.

Salah satu keputusan penting  hasil Rapimcab yang lain, lanjut Samsul, jajaran pengurus PAC sepakat mengusulkan nama H Fauzan, Ketua DPC PPP Banyuwangi menjadi wabup yang berpasangan dengan calon bupati yang diusung dalam Pilkada serentak bulan Desember mendatang.