Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Bus Tujuan Blitar-Surabaya Kembali Beroperasi, Penumpang Dibatasi Maksimal 50%

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Moch. R. Abdul Fatah

10 - Jun - 2020, 18:42

Placeholder
Terminal Patria Kota Blitar nampak sepi akibat pandemi Covid-19.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Bus jurusan Blitar-Surabaya kembali beroperasi di Terminal Patria Kota Blitar. Pengoperasian kembali bus Blitar-Surabaya ini berlaku sejak Selasa (9/6/2020) kemarin. 

Terminal Patria Kota Blitar kembali mengoperasikan bus jurusan Blitar-Surabaya sejak Selasa (9/6/2020). Meski beroperasi, bus-bus tersebut diwajibkan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. 

Baca Juga : Menhub Hapus Aturan Batas 50% Penumpang Kendaraan Umum dan Pribadi

Penerapan protokol kesehatan, diantaranya dengan membatasi jumlah penumpang. Sehingga kursi bisa diatur sedemikian rupa untuk menerapkan physical distancing.

"Bus jurusan Blitar-Surabaya sudah beroperasi, tapi sifatnya masih uji coba. Karena sifatnya uji coba, yang beroperasi belum sepenuhnya, masih sebagian saja,” ungkap Kepala Terminal Tipe A Patria Kota Blitar, Verie Sugiarto, Rabu (10/6/2020).

Dikatakanya, pengoperasian bus ini setelah Surabaya tidak memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Karena PSBB tidak diperpanjang, Terminal Purabaya Surabaya juga sudah buka kembali mulai Selasa (9/6/2020) kemarin. 

Meski bus sudah diperbolehkan kembali beroperasi, diberlakukan aturan bus hanya boleh memuat penumpang dalam jumlah maksimal 50 persen dari keseluruhan kapasitas tempat duduk. Penumpang diatur duduknya secara physical distancing. 

“Selain itu awak bus juga harus menyediakan hand sanitizer di dalam bus serta. Selain itu baik penumpang maupun awak bus diwajibkan pakai masker,” paparnya. 

Baca Juga : PT KAI Siapkan Pedoman New Normal Untuk Aktif Kembali

Lebih dalam Verie menyampaikan, kembali beroperasinya bus jurusan Blitar-Surabaya ini menyusul bus rute Blitar - Malang yang juga sudah beroperasi sepekan lalu. Tetapi, karena kondisi penumpang sepi, akhirnya bus tujuan Blitar-Malang berhenti beroperasi lagi.

"Sepekan lalu bus juruan Blitar-Malang sudah kami uji coba untuk beroperasi, tapi penumpangnya sepi,” imbuhnya. 

Pandemi Covid-19 memang berpengaruh terhadap jumlah penumpang bus di Terminal Patria Kota Blitar. Rata-rata per hari hanya ada 13 hingga 15 penumpang. Padahal kalau kondisi normal jumlah penumpang di Terminal Patria bisa mencapai 1.500 orang per hari.


Topik

Transportasi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Moch. R. Abdul Fatah