Ilustrasi (Istimewa).
Ilustrasi (Istimewa).

Masa transisi new normal life di Kota Malang telah berlangsung sejak hari ini, Senin (1/6/2020). Beberapa kegiatan pun masih tetap dilakukan pembatasan, termasuk agenda hiburan.

Namun untuk bioskop, Pemerintah Kota Malang memutuskan untuk tetap memperbolehkan beroperasi. Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, meski bioskop diperbolehkan beroperasi, namun pengelola wajib menerapkan protokol sebagaimana ketentuan yang ada.

Baca Juga : Ekonomi Didahulukan untuk Pelonggaran PSBB, Sri Mulyani: Itu Tidak Benar

Sutiaji menyampaikan, beberapa ketentuan yang harus diperhatikan seperti jam buka hingga sistem tempat duduk di dalam bioskop. Untuk jam operasi, diperbolehkan beroperasi dari pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Selanjutnya, kebersihan bioskop harus dipastikan oleh pengelola bioskop.

"Termasuk tempat duduk, nggak boleh penuh seperti sebelumnya. Harus ditata dengan kapasitas maksimal 50 persen," katanya.

Bukan hanya itu, pengelola juga diwajibkan menyemprot disinfektan pada setiap bagian bioskop, tanpa kecuali tempat duduk. Pasca penayangan film, teater tidak boleh langsung digunakan untuk penonton gelombang berikutnya. Melainkan ruangan harus disterilkan dengan disinfektan selama beberapa saat.

"Baru kemudian boleh diisi lagi," tegasnya.

Bukan hanya itu, pengelola bioskop juga diwajibkan menyediakan alat pengukur suhu tubuh. Setiap karyawan dan penonton wajib diperiksa suhunya sebelum memasuki area bioskop. Maksimal suhu tubuh yang diperkenankan masuk adalah 37.3 derajat celcius.

Selain itu juga wajib menyediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan yang mudah dijangkau. Selanjutnya, bagi penonton yang tengah kurang enak badan atau sakit agar dilarang untuk masuk ke bioskop.

"Calon penonton juga wajib memperhatikan semua SOP yang ada. Protokol kesehatan harus tetap diutamakan," tegasnya.

Baca Juga : Peduli Covid-19, PII Cabang Jember Serahkan Bantuan ke Pemkab Jember

Sutiaji menyampaikan, new normal life menjadi salah satu pilihan yang diambil untuk mengembalikan roda perekonomian dan aktivitas masyarakat. Meski begitu, masyarakat tak disarankan untuk euforia dengan melakukan aktivitas di luar ruangan atau luar rumah dengan tanpa melakukan protokol kesehatan.

Setiap aktivitas yang dilakukan tetap harus disertai dengan protokol kesehatan. Mulai dari kewajiban mengenakan masker, cuci tangan secara rutin, dan berolahraga serta melakukan pola hidup sehat.

Sebagai informasi, Malang Raya resmi melakukan masa transisi menuju new normal sejak hari ini, Senin (1/6/2020). Dari hasil pertemuan dan koordinasi yang dilakukan dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Forkopimda Jatim, maka disepakati masa transisi berlangsung selama dua pekan.