Machfud Arifin
Machfud Arifin

SURABAYA - Bakal calon wali kota Surabaya Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin semakin mendapatkan dukungan dari banyak pihak. Salah satunya dari organisasi yang bergerak di bidang sosial Rotary Club Surabaya.

Sabtu (30/5) Rotary Club Surabaya bersilaturahmi serta menyambangi rumah Machfud Arifin yang ada di tengah Kota Surabaya. Saat itu diadakan diskusi santai antara Machfud Arifin beserta para tamu dari Rotary Club tersebut.

Ditemui usai bertamu, Presiden Rotary Club of Surabaya Kaliasin Etty Soraya mengatakan Machfud Arifin memiliki visi serta misi yang bagus sebagai wali kota. Mantan kapolda Jawa Timur ini dianggap memiliki program pemberdayaan yang pro-masyarakat. 

"Melihat visi-misi beliau bagus, dengan latar belakang polisi, pasti tegas. Tahu sekali apa yang harus dilakukan beliau untuk Surabaya. Dan saya yakin pak Machfud bisa membawa Surabaya semakin baik," ujarnya.

Dosen komunikasi di salah satu perguruan tinggi Surabaya ini mengaku, ajang silaturahmi ini menjadi momentum untuk membangun kolaborasi ke depan. Sebab, Rotary Club memiliki banyak program pengabdian masyarakat yang bisa dikerjakan bersama-sama dengan pemerintah. 

"Kalau Pak Machfud jadi wali kota, kami bisa kolaborasi untuk kesejahteraan masyarakat. Program kami banyak. Ada kesehatan ibu dan anak, kesehatan masyarakat, literasi sekolah dan lainnya. Kami butuh Pemerintah Kota Surabaya untuk melakukan program ini," ungkap Etty.

Menurut dia, banyak donatur yang ingin melakukan kegiatan di Surabaya, tapi tidak memiliki data empiris mana saja yang menjadi prioritas penerima bantuan. Sehingga,  kolaborasi bersama Machfud Arifin jika menjadi wali kota dianggap memudahkan distribusi bantuan agar tepat sasaran. 

"Kami selama ini dengan kekuatan kami sendiri. Ada juga dengan NJO lain. Kami sudah memberikan APD dan alat-alat medis lainnya di Surabaya. Jadi, saya sebagai pribadi siap mendukung dan memenangkan Pak Machfud menjadi wali kota," tegas Etty.

Sementara itu, Machfud Arifin mengaku senang banyak kalangan mengajak kolaborasi dan memberikan masukan untuk Surabaya lebih baik. Machfud mengaku siap berkolaborasi dengan berbagai komponen, termasuk pelaku UMKM dan lainnya. "PKL itu pahlawan ekonomi keluarga. Saya senang dengan mereka," ujarnya.

Tokoh asli Surabaya ini mengungkapkan, semua harus ditata dengan baik, termasuk PKL, supaya usahanya lebih maju. "Semuanya harus ditata dan dikolaborasikan dengan baik. Program itu kami rumuskan semuanya," imbuh dia.