Dr. Bayu Wibowo Ignasius, Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dan Direktur RS. dr. Haryoto Lumajang(Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Dr. Bayu Wibowo Ignasius, Kepala Dinas Kesehatan Lumajang dan Direktur RS. dr. Haryoto Lumajang(Foto : Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Lumajang dr. Bayu Wibowo Iganisius hari ini, Selasa (19/5) mengumumkan perkembanganan penanganan pasien covid-19 di Lumajang.

Dalam keterangan pers di Pemkab Lumajang, malam ini dr. Bayu mengumumkan 12 pasien positiv Covid-19, dalam sepekan teakhir ini dinyatakan sembuh dan sebagian besar tinggal melakukan isolasi mandiri di rumah sebgai persyaratan untuk dinyatakan sembuh total.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Berduka Syahidnya Perawat Puspita Beserta Janin

"12 pasien ini sudah menjalani dua kali tes swab yang kemudan diuji menggunakan TCM yang ada di rumah sakit dr. Haryoto Lumajang. Hasilnya dalam dua kali tes tersebut negativ Covid-19 atau sembuh," kata dr. Bayu Wibowo Ignasius.

Bahkan menurut dr. Bayu ke 12 pasien ini sebagian sudah selesai menjalani isolasi mandiri tambahan dirumah, dan sudah bisa beraktivitas sebagaimana biasa.

12 pasien yang malam ini dinyatakan sembuh adalah, A dari Kecamatan Randuagung, AS dari Kecamatn Kedungjajang, AQ Kecamatan Lumajang, S Kecamatan Sumbersuko, S Kecamatan Tempeh, EA Kecamatan Rowokangkung, AL Kecamatan Pasirian, dr Kecamatan Tekung, SK Kecamtan Tempeh, TL dari Sukodono, FH dari Lumajang dan MI dari Sukodono.

"Kini di RS dr. Haryoto Lumajang tinggal 6 pasien yang sedang menjalani isolasi. 4 orang pasien positiv Covid-19, 2 PDP. Dari empat pasien yang positiv sudah menjalani sekali tes swab tinggal menunggu tes berikutnya, kemungkinan besar sembuh," jelas dr. Halimy Maksum Direktur RS. dr. Haryoto Lumajang.

Dari empat pasien yang masih menjalani isolasi di RS dr. Haryoto Lumajang, 3 diantaranya berasal dari Kabupaten Jember, sehingga jika sembuh yang bersangkutan pulang ke Jember.

Baca Juga : Warga Jombang Berprofesi Ojol di Surabaya Dinyatakan Positif Covid-19

"Saat ini untuk pasien yang dirawat di rumah sudah mendekati angka 0, ini harus kita pertahankan. Semoga kelonggaran yang diberikan kepada masyarakat belakangan ini tidak menyebabkan bertambahnya lagi pasien yang positiv Covid-19 di Lumajang," kata dr. Halimy sembari menyatakan bahwa sampai saat ini jumlah pasien positiv corona di Lumajang sejak awal sampai tanggal 19 mei tercatat 32 orang.