Petugas yang tengah melakukan pemeriksaan kendaran. (Ist)
Petugas yang tengah melakukan pemeriksaan kendaran. (Ist)

Penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Malang Raya di Kota Malang pada hari kedua, terjadi perbedaan volume kendaran yang cukup jauh. Pada hari pertama (17/5/2020) yang merupakan hari libur, volume kendaraan hanya sekitar 20 persen. Itu berbeda jauh dengan hari ini (18/5/2020) yang mengalami kepadatan hingga underpass Karanglo.

Kasatlantas Polresta Malang Kota Kompol Priyanto menjelaskan, pada hari kedua penerapan PSBB di Kota Malang, volume kendaraan mengalami peningkatan hingga 80 persen. Hal ini wajar karena hari ini merupakan hari efektif sehingga masyarakat banyak yang bekerja.

Baca Juga : Jam Operasional Pertokoan Diperpanjang, Dengan Sejumlah Syarat dan Ketentuan

"Sampai 80 persen tingkat kepadatan volume kendaraan. Baik roda dua maupun roda empat sama-sama mendominasi," terangnya (18/5/2020).

Namun tingkat kepadatan  kendaraan yang sebelumnya tinggi kemudian menurun setelah koordinasi dengan jajaran Polres Kabupaten Nalang maupun Polres Batu dilakukan. "Setelah kegiatan intens dan koordinasi dengan Malang Raya, memang volume menurun. Kepadatan tidak sampai 15 menitan," terangnya.

Selain tingkat volume kepadatan kendaraan yang naik, penindakan yang dilakukan petugas terhadap masyarakat dari luar kota juga terjadi  peningkatan. Penindakan terhadap masyarakat yang mengendarai roda dua maupun roda empat juga sama-sama mendominasi.

"Kalau saya tadi sendiri saja yang menghalau pengendara sepeda motor, sekitar 7 motor, dimulai sekitar pukul 06.00 WIB. Belum yang lainnya," jelas Kompol Priyanto.

Baca Juga : Satu Karyawan Pabrik Rokok Positif Covid 19, Total Ada 33 Pasien

Sementara itu, untuk antisipasi kepadatan, Satlantas Polresta Malang Kota  telah melakukan rekayasa lalu lintas dengan dilakukan pengalihan kendaraan dari wilayah Karangploso yang hendak menuju Kota Malang. Kendaraan diarahkan terlebih dulu menuju Singosari.

"Di Singosari ada U-turn, di sana kendaran yang hendak ke Kota Malang bisa berputar arah. Jika masih padat, dari arah Singosari kita arahkan dulu ke Karangploso, underpass khusus untuk roda dua," pungkasnya.