Penilaian lomba Karang Werda di Kecamatan Sukun, Rabu (9/10/2019) (Hendra Saputra)
Penilaian lomba Karang Werda di Kecamatan Sukun, Rabu (9/10/2019) (Hendra Saputra)

Dinas Sosial (Dinsos) Kota Malang terus mendorong setiap kelurahan agar mempunyai kawasan ramah langit. Tujuannya agar angka harapan hidup di 'Bhumi Arema' semakin tinggi, sehingga jumlah lansia pun semakin banyak.

Melalui Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Penny Indriani dengan adanya lomba Karang Werda tahun ini para lansia kehidupannya bisa lebih baik. Karena dalam lomba ini juga ada kriteria penilaian untuk kawasan ramah lansia

"Saat ini kami mendorong setiap kelurahan ada ruang ramah lansia. Gambarannya itu ruang ramah lansia harus ruang terbuka hijau, lalu di dalamnya sarana prasarana harus baik dan di dekatnya minimal harus ada toko dan intinya tempat itu mempermudah lansia untuk beraktivitas," ungkap Penny Indriani kepada MalangTIMES.

Penny mengakui, Kota Malang ini sebenarnya sudah menjadi daerah yang ramah lansia. Dengan itu pihaknya kini tinggal terus membina lansia agar semakin baik.

"Sebenarnya di Kota Malang ini sudah bagus, bahkan saya berharap bisa maju ke provinsi atau nasional lah, jadi kami sekarang terus membina para lansia nya saja," katanya.

Sementara itu, Rabu (9/10/2019) adalah jadwal penilaian lomba Karang Werda di wilayah Sukun. Saat itu Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko yang juga hadir dalam acara tersebut mengaku bangga dengan sambutan yang diberikan.

"Pelaksanaan pembinaan Karang Werda, prosesinya paling meriah di Kecamatan Sukun, saya disambut dengan mendol ketika datang, luar biasa kreasi dari lansia ini," katanya saat memberi sambutan.

Bung Edi (sapaan yang biasa melekat pada sosok Sofyan Edi Jarwoko) mengatakan bahwa sangat penting mempunyai kegiatan yang menyenangkan. Tapi ia mengatakan harus ada tujuannya, supaya angka hidup terus meningkat dari tahun ke tahun.

"Jadi kondisi kesehatan lansia di Kota Malang meningkat. Kalau beban hidup enggak diikuti rasa bahagia atau senang, tentu akan berpengaruh pada kesehatan. Tapi, itu tentu ada tahapannya, kita sama-sama ingin mewujudkan kawasan ramah lansia untuk mencapai itu semua," papar Edi.