Dari kiri, AKBP Dony Alexander S.I.K, M.H, Kapolres Malang Kota yang baru, AKBP Asfuri S.I.K, M.H yang tengah dipasangi pangkat baru sebagai Wadir Samapta Polda Metro Jaya, oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs Luki Hermawan M. Si (Humas Makota)
Dari kiri, AKBP Dony Alexander S.I.K, M.H, Kapolres Malang Kota yang baru, AKBP Asfuri S.I.K, M.H yang tengah dipasangi pangkat baru sebagai Wadir Samapta Polda Metro Jaya, oleh Kapolda Jatim, Irjen Pol Drs Luki Hermawan M. Si (Humas Makota)

Tongkat komando kepemimpinan Polres Malang Kota, yang sebelumnya dipimpin oleh AKBP Asfuri SIK, S.H, M.H, sejak akhir 2017 lalu, saat ini telah resmi berganti. 

Hari ini (28/8/2019), digelar serah terima jabatan (Sertijab) Kapolres Malang Kota di Mapolda Jawa Timur yang dipimpin langsung Kapolda Jatim, Irjen. Pol. Drs Luki Hermawan, M.Si.

AKBP Asfuri, SIK, S.H, M.H bakal menempati jabatan baru sebagai Wadir Samapta Polda Metro Jaya. Sementara posisinya digantikan oleh AKBP Dony Alexander SIK, SH, MH, yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit II Ditresnarkoba Polda Metro Jaya.

Dalam agenda sertijab tersebut, ditandai dengan penyematan tanda pangkat kepada masing- masing pejabat utama yang melaksanakan sertijab, dimana sebagai tanda telah menerima dan mengemban jabatan yang baru.

Kasubag Humas Polres Malang Kota, Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, membenarkan mengenai adanya agenda sertijab Kapolres Malang Kota yang saat ini digelar di Polda Jatim.

"Betul, sertijab di Polda," ungkapnya (28/8/2019).

Pasca sertijab tersebut, pada 30 Agustus 2019, akan digelar agenda malam kenal pamit Kapolres Malang Kota dari AKBP Asfuri SIK, S.H, M.H ke AKBP Dony Alexander SIK, S.H, MH di salah satu hotel di Kota Malang.

Sementara itu, dalam agenda sertijab, juga dibarengi dengan sertijab beberapa pejabat utama Polda Jatim. Diantaranya, Dirpolair Polda Jawa Timur yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Drs. Agusli Rasyid, digantikan oleh Kombes Pol Arnaphi.

Sedangkan jabatan Kabidkum yang kosong ditinggalkan oleh Kombes Pol Arnaphi, diisi oleh Kombes Pol Drs. Adi Karya Tobing. Kemudian jabatan Dirkrimum Polda Jatim, yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Pol Gupuh Setiyono, sekarang digantikan oleh Kombes Pol Gidion Arif Setyawan.

Jabatan Dirlantas Polda Jatim, yang sebelumnya diisi oleh Kombes Pol Heri Wahono, digantikan oleh Kombes Pol Budi Indra Dermawan. Dan AKBP Sutrisno HR yang sebelumnya menjabat sebagai Wadit Pamobvit Polda Sulsel, mengisi  jabatan Dir Tahti Polda jatim.

Dalam sertijab tersebut, juga disaksikan oleh para pejabat utama Polda Jatim, Pengurus Daerah Bhayangkari Polda Jatim dan perwakilan dari Pamen Polda Jawa Timur.