Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Segarnya Es Drop, Jajanan Legendaris Khas Blitar Sejak Jaman Kolonial, Traveller Wajib Coba!

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

17 - Jul - 2019, 17:03

Placeholder
Sukarji, salah satu penjual es drop yang masih eksis di Blitar.(Foto : Malik Naharul/BlitarTIMES)

Jika traveller berwisata ke Blitar tentunya wajib mencoba jajanan legendaris yang satu ini. Ya, Es Drop Blitar. Jajanan yang satu ini tentunya sangat familiar bagi warga Blitar dan sekitarnya.

Es Drop ini memiliki bentuk pipa seperti es krim dan sangat legendaris di Blitar. Es Drop sendiri memiliki  berbagai macam varian rasa mulai rasa coklat, strawberry, vanilla dan kacang hijau.

Harganya pun cukup aman di kantong, untuk sepotong Es Dropnya dibandrol dengan harga 3000 rupiah saja.

Tidak diketahui secara pasti sejak kapan Es Drop ini ada di Blitar. Akan tetapi, jajanan legendaris yang satu ini diyakini sudah ada sejak jaman kolonial Belanda dan masih tetap eksis hingga saat ini.

Jajanan khas Blitar ini juga mudah dijumpai di tempat-tempat wisata di Kota Blitar. Salah satunya Es Drop milik Sukarji (67). Bapak tiga anak asal Desa Kemloko, Kabupaten Blitar ini setiap harinya berjualan Es Drop di sekitaran komplek makam Bung Karno Kota Blitar.

"Saya jualan Es Drop ini sudah 20 tahun lebih, sejak anak saya masih sekolah sampek sekarang sudah punya anak saya masih jualan," kata Sukarji saat ditemui BlitarTimes pada Rabu (17/07/2019).

Dengan bermodal sepeda tua dengan kotak gerobak kecil di belakangnya, setiap hari Sukarji mengayuh sepedanya hingga belasan kilometer untuk mengambil termos-termos berisi Es Drop di Pabriknya di Plosokerep.

Untuk menjajakan Es Drop dagangannya, biasanya Sukarji memilih tempat-tempat yang ramai dikunjungi oleh wisatawan seperti, Makam Bung Karno, PIPP, Aloon-aloon, Istana Gebang dan tempat-tempat wisata lainnya di Blitar.

Es Drop sendiri gampang sekali untuk dikenali karena wadahnya yang sangat khas, yaitu termos-termos berbentuk seperti pipa klasik warna merah dan tutupnya yang berwarna putih.

"Es Drop ini jajanan khas Blitar yang sudah kondang kaloko. Selain karena wadahnya yang khas, termos-termos tempat Es Drop ini masih asli sejak jaman Belanda. Jadi meski cuaca sedang panas kayak gini es di dalamnya sampek sore bahkan malam pun gak akan cair," tutup Sukardi.(*)


Topik

Peristiwa blitar berita-blitar traveller-berwisata komplek-makam-Bung-Karno-Kota-Blitar Es-Drop



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni