Rektor Unisba Blitar Soebiantoro, Warek IV bersama Menwa Mahasurya se-Jawa Timur di Makam Bung Karno.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)
Rektor Unisba Blitar Soebiantoro, Warek IV bersama Menwa Mahasurya se-Jawa Timur di Makam Bung Karno.(Foto : Aunur Rofiq/BlitarTIMES)

Resimen Mahasiswa Mahasurya (Menwa) Jawa Timur memperingati Hari Ulang Tahun ke 55  dengan melaksanakan upacara dan ziarah ke Makam Presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno (Bung Karno) di Kelurahan Bendogerit,  Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar, Minggu (23/6/2019).

Ziarah diikuti oleh Rektor Unisba Blitar Soebiantoro, Wakil Rektor IV Unisba Blitar Hery Suprayitno, Ketua Menwa Mahasurya Jatim Untung Lasiono beserta Komandan serta perwakilan anggota Menwa Mahasurya se Jawa Timur. Setelah upacara, kegiatan dilanjut dengan doa bersama dan tabur bunga di makam Putra Sang Fajar.

Tahun ini Unisba Blitar bertindak sebagai tuan rumah Harlah Menwa Mahasurya ke 55. Bertindak selaku Inspektur upacara Rektor Unisba Blitar Soebiantoro. Kepada BLITARTIMES, Rektor menyatakan bangga Unisba Blitar terpilih sebagai tuan rumah Harlah Menwa Mahasurya ke 55. Kebanggaan ini bukan hanya bagi Unisba tapi juga untuk Blitar Raya karena acara Harlah ini digelar bertepatan dengan Bulan Bung Karno.

“Sejatinya banyak kampus-kampus di Surabaya dan Kediri yang lebih besar dan layak menjadi tuan rumah acara ini. Namun kami Unisba Blitar diberikan kepercayaan, ini suatu kebanggaan bagi kami. Di Blitar ada Bung Karno, dan bulan Juni adalah Bulan Bung Karno. Acara ini sangat bagus untuk menumbuhkan spirit nasionalisme dan wawasan kebangsaan,” ungkap Rektor.

Selain menumbuhkan nasionalisme di kalangan mahasiswa, acara ini juga sebagai ajang silaturahmi Anggota Menwa Mahasurya se-Jawa Timur.Rektor pun berharap adanya kegiatan ini juga dapat menarik minat mahasiswa khususnya mahasiswa Unisba Blitar tehadap kegiatan Menwa.

“Menwa Mahasurya ini Unit Kegiatan Mahasiswa yang bertujuan membentuk nation character building. Tujuan ini selaras dengan visi dan misi Unisba Blitar. Salah satu visi kita adalah meningkatkan pikir, fisik dan mental. Salah satu cara mencapai visi tersebut adalah melalui Menwa ini. Jadi saya berharap mahasiswa Unisba dan perguruan tinggi di sekitarnya bisa ikut mengembangkan Menwa,” tandas mantan Sekda Pemkab Blitar.

Sementara itu Untung Lasiono selaku Komandan Resimen Mahasiswa Mahasurya Jawa Timur menjelaskan Kota Blitar dipilih sebagai tuan rumah harlah Menwa ke 55 karena kota ini adalah kota yang memiliki nilai-nilai demokrasi dan pancasila. Dan tentunya karena di kota ini bersemayam jasad pendiri Republik Indonesia yakni sang proklamator Bung Karno.

“Harapan kami mahasiswa yang tergabung dalam Menwa Mahasurya dapat meneladani sifat dan jasa-jasa Bung Karno yang berjuang untuk kemerdekaan dan kemajuan bangsa ini,” tandasnya.

Untung menambahkan, dirinya berharap suksesnya kegiatan ini kedepan dapat memajukan UKM Menwa di setiap kampus khsusunya perguruan tinggi yang ada di Blitar. Menurut dia, keberadaan Menwa sangat penting di era Revolusi Industri 4.0. Di tengah gencarnya arus globalisasi, Menwa konsisten menanamkan semangat nilai cinta tanah air dan wawasan kebangsaan kepada generasi muda.

“Saya melihat mahasiswa di Blitar itu cukup aktif. Disini perguruan tinggi juga terus berkembang dengan pesat. Semoga agenda ini membawa semangat baru bagi pengembangan Menwa khususnya di Blitar Bumi Bung Karno,” katanya.

Rangka HUT Menwa di Blitar setelah upacara dilanjut dengan kunjungan ke Istana Gebang (rumah masa kecil Bung Karno) dan ditutup dengan halal bihalal di Kampus I Unisba Blitar. Sebelumnya untuk memperingati HUT Menwa ke 55, pada 1 Juni Menwa Mahasurya Jawa Timur menggelar upacara gabungan di Surabaya yang dipimpin langsung Menristekdikti selaku Inspektur Upacara.(*)