Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR saat tiba di Watu Ulo dengan menaiki Pegon dan didampingi suaminya drg. H. Abdu Rohim (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)
Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR saat tiba di Watu Ulo dengan menaiki Pegon dan didampingi suaminya drg. H. Abdu Rohim (foto : Moh. Ali Makrus / Jatim TIMES)

Acara Waton (Watu Ulo Pegon) Parade 2019 yang digelar pada Minggu (23/6/2019) berlangsung meriah, Pegon (pedati) yang ikut pada parade kali ini juga lebih banyak dibanding tahun sebelumnya. Bahkan sepanjang perjalanan mulai dari Start di depan Balai Desa Sumberjo Ambulu dan menuju pantai Watu Ulo, masyarakat memenuhi jalan yang dilewati iring-iringan Pegon.

“Tahun ini lebih baik dari sebelumnya, hal ini dilihat dari jumlah peserta parade dan juga berbagai kegiatan yang ada di dalamnya, dimana kegiatan tidak hanya parade pegon, tapi juga ada lomba lukis, bakar ikan dan juga kegiatan lainnya, dan memang hal seperti ini yang kami harapkan, jadi kegiatan ini bersinergi dengan berbagai komponen,” ujar Bupati Jember dr. Hj. Faida MMR saat menghadiri acara Waton Parade 2019.

Selain kegiatan tersebut, acara yang digelar di pantai Legenda Watu Ulo tersebut, juga digelar pemilihan Gus dan Ning Jember 2019, selama kegiatan, masyarakat juga dihibur berbagai penampilan tari-tarian siswa SD dan juga sajian tumpeng ketupat yang dibagikan kepada pengunjung.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemkab Jember M. Anas Makruf, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan, bahwa dalam kegiatan Waton Parade 2019 ini, pihaknya juga menyiapkan berbagai hadiah dan doorprize untuk masyarakat.

Masyarakat yang hadir pada acara Waton Parade 2019, selain bisa mengikuti lomba bakar ikan, Dinas Pariwisata juga memberikan hadiah kepada pengunjung yang meng upload foto ke Instagram dan vlog yang diupload di chanel youtube.

“Warga yang hadir bisa mengikuti lomba foto dan vlog, untuk foto bisa di upload di Instagramnya, dengan hastag #WatonParade2019, begitu juga dengan vidio kreatif atau vlog, warga bisa mengikut sertakan dengan mengupload ke chanel youtubenya, tentu dengan hastag yang sama, kami sediakan hadiah total 15 juta,” ujar Anas.

Dari pantauan media ini, ribuan warga terlihat memenuhi sepanjang perjalanan menuju Pantai Watu Ulo, tidak hanya menikmati pagelaran pada acara Waton, beberapa pengunjung juga menikmati deburan ombak pantai laut selatan tersebut, namun meski demikian, pihak Basarnas juga menghimbau kepada warga agar tidak mandi di laut.